PENGARUH MEDIA PROMOSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Desa Rompu)

ACHMADI, ACHMADI (2024) PENGARUH MEDIA PROMOSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Desa Rompu). Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of SKRIPSI ACHMADI.S (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI ACHMADI.S (REPOSITORY).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
ACHMADI.S, 2023. “Pengaruh Media Promosi Terhadap Minat Menabung
Masyarakat Desa Rompu di Bank Syariah”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Ilham, S.Ag., M.A
Skripsi ini merupakan penelitian terhadap pengaruh media promosi terhadap
minat menabung masyarakat desa rompu di bank syariah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui media promosi Perbankan Syariah yang berpengaruh dalam
menarik minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah. Media promosi yang
digunakan oleh Perbankan Syariah dalam penelitian ini terbagi 3, yaitu: media
televisi, media koran dan media internet. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner yang disebarkan kepada
masyarakat. Dimana pada penelitian ini, sampel yang digunakan sebagai
responden adalah masyarakat Desa Rompu. Dengan jumlah responden sebanyak
60 orang.
Dengan jumlah pertanyaan sebanyak 23 item yang terdiri dari 11 item
pertanyaan untuk mediapromosi dengan 12 pertanyaan untuk variabel minat.
Hasil penelitian mayoritas dari masyarakat Desa Rompu mendapatkan promosi
yang tinggi tentang Bank Syariah sebesar 31 % (19 orang) dan mayoritas
masyarakat Desa Rompu Cukup Berminat untuk menabung di Bank Syariah
sebesar 33 % (20 orang). Hasil perbandingan t hitung dengan t tabel dengan taraf
kesalahan 5% dan N sebanyak 60 mendapatkan hasil yakni variabel X1 diketahui t
hitung 2,202 > t tabel 1,672 berarti secara parsial ada pengaruh signifikan, antara
variabel promosi melalui media televisi terhadap minat masyarakat. Variabel X2
diketahui t hitung -1,887 < t tabel 1,672 berarti secara parsial tidak ada pengaruh
signifikan, antara variabel promosi melalui media koran terhadap minat
masyarakat. Serta variabel X3 diketahui t hitung 2,540 > t tabel 1,672 berarti
secara parsial ada pengaruh signifikan, antara variabel promosi melalui media
internet terhadap minat masyarakat. Sedangkan tingkat promosi melalui media
televisi, koran dan internet secara simultan atau secara bersama-sama mempunyai
pengaruh terhadap variabel terikat yakni minat masyarakat Desa Rompu , dengan
F hitung 4,924> F tabel 2,77 dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. Dengan
demikian dapat dijelaskan bahwa variabel bebas yang berupa media promosi
televisi, koran dan internet secara simultan atau secara bersama-sama mempunyai
pengaruh terhadap variabel terikat yakni minat masyarakat Desa Rompu.
Kata Kunci: Media Promosi, Minat, dan Bank Syariah
xix
ABSTRACT
ACHMADI.S, 2023. "The Influence of Promotional Media on the Saving Interest
of the Rompu Village Community in Sharia Banks". Sharia
Banking Study Program Thesis, Faculty of Economics and
Islamic Business, Palopo State Islamic Institute. Supervised
by Ilham, S.Ag., M.A
This thesis is a research on the influence of promotional media on the
interest of saving in Rompu village communities in Islamic banks. This research
aims to determine the promotional media for Sharia Banking that influence
people's interest in saving at Sharia Banks. The promotional media used by Sharia
Banking in this research are divided into 3, namely: television media, newspaper
media and internet media. This research uses descriptive research with a
quantitative approach. The data used in this research is primary data in the form of
questionnaires distributed to the public. Where in this research, the sample used as
respondents was the people of Rompu Village. With a total of 60 respondents.
With a total of 23 questions consisting of 11 question items for the
promotional media variable with 12 questions for each media. The research results
showed that the majority of the Rompu Village community received high
promotion about Sharia Banks at 31% (19 people) and the majority of Rompu
Village residents were quite interested in saving at Sharia Banks at 33% (20
people). The results of the comparison of t count with t table with an error level of
5% and N of 60 showed that the variable Variable As well as variable Meanwhile,
the level of promotion through television, newspapers and the internet
simultaneously or together has an influence on the dependent variable, namely the
interest of the people of Rompu Village, with calculated F 4.924> F table 2.77 and
a significance level of 0.004 < 0.05. Thus, it can be explained that the independent
variables in the form of television, newspaper and internet promotional media
simultaneously or together have an influence on the dependent variable, namely
the interest of the people of Rompu Village.
Keywords: Promotional Media, Interest, and Sharia Banking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:45
Last Modified: 03 Apr 2024 02:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8650

Actions (login required)

View Item View Item