PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA BEKERJASAMA MENCAPAI TUJUAN TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHLAS BALEBO KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

DEWI, RAMLA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA BEKERJASAMA MENCAPAI TUJUAN TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHLAS BALEBO KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK
RAMLA DEWI, 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Dengan
Subtema Bekerjasama Mencapai Tujuan Terintegrasi Nilai-Nilai
Keislaman di Kelas VI MI Al-Iklas Balebo Kabupaten Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hisban Thaha dan Eka
Poppi Hutami.
Skripsi ini merupakan penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran
Dengan Subtema Bekerjasama Mencapai Tujuan Terintegrasi Nilai-Nilai
Keislaman di Kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo. Penelitian yang dilakukan peneliti
bertujuan untuk: mengetahui hasil Pengembangan Modul Pembelajaran pada
subtema Bekerjasama Mencapai Tujuan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di
Kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo memenuhi kriteria valid; mengetahui hasil
Pengembangan Modul Pembelajaran pada Subtema Bekerjasama Mencapai
Tujuan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di Kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo
memenuhi kriteria praktis.
Penelitian yang dilakukan berjenis R&D (Research and Development)
dengan model pengembangan 4D (Four-D). Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo dan objeknya adalah modul dengan
Subtema Bekerjasama Mencapai Tujuan (Tema Persatuan dalam Perbedaan)
dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar
wawancara dan angket siswa yang dijabarkan dengan analisis data deskriptif.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus liker‟s.
Hasil penelitian menunjukkan hasil kevalidan oleh ahli materi 97,5%
dengan kategori valid, hasil kevalidan oleh ahli bahasa 96,25% dengan kategori
valid, hasil kevalidan oleh ahli keagamaan sebesar 90% dengan kategori valid,
dan hasil uji praktikalitas sebesar 88,12% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Nilai-Nilai Keislaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:40
Last Modified: 04 Apr 2024 00:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8653

Actions (login required)

View Item View Item