PENGARUH REPUTASI DAN KEUNGGULAN PRODUK EASY WADI’AH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PALOPO (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Palopo Angkatan 2019)

UTAMI, MEGA PUTRI (2023) PENGARUH REPUTASI DAN KEUNGGULAN PRODUK EASY WADI’AH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PALOPO (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Palopo Angkatan 2019). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Mega Utami, 2024. “Pengaruh Reputasi dan Keunggulan Produk Easy
Wadi’ah Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Indonesia di
Kota Palopo (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Angkatan 2019)”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hamida, S.E.Sy.,
M.E.Sy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah reputasi dan keunggulan produk
easy wadi’ah berpengaruh terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah
Indonesia di Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan jumlah sampel sebanyak 164 responden didapat dengan menggunakan
rumus slovin, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan softwere SPSS. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel reputasi (X1) secara parsial
berpengaruh positif terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah Indonesia
di Kota Palopo (Y). 2) Variabel keunggulan produk easy wadi’ah (X2) secara
persial berpengaruh positif terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah
Indonesia di Kota Palopo (Y). 3) variabel reputasi (X1) dan keunggulan produk
easy wadi’ah (X2) dalam penelitian ini berpengaruh secara simultan (bersama�sama) terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo
(Y) dengan nilai R Square (R2
) sebesar 0,309 yang berarti 30,9% variasi dalam
variabel dependen yaitu keputusan menabung (Y) dapat dijelaskan oleh variabel
independen yaitu variabel reputasi (X1) dan keunggulan produk easy wadi’ah (X2)
dengan sisanya sebesar 69,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat
dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Reputasi, Keunggulan Produk Easy Wadi’ah, Keputusan Menabung
ABSTRACT
Putri Mega Utami, 2024. "The Effect of Reputation and Product Excellence of
Easy Wadi'ah on Saving Decisions at Bank Syariah Indonesia in Palopo
City (Study on IAIN FEBI Students Class of 2019)". Thesis Sharia
Banking Study Program, Faculty of Economics and Islamic Business,
Palopo State Islamic Institute. Supervised by Hamida, S.E.Sy., M.E.Sy.
This study aims to determine whether the reputation and product advantages of
easy wadi'ah affect saving decisions at Bank Syariah Indonesia in Palopo City.
This study uses a type of quantitative research with a sample size of 164
respondents obtained using the slovin formula, the data collection techniques used
in this study are questionnaires / surveys and documentation. The data analysis
technique used in this study is multiple regression analysis with the help of SPSS
software. The results of this study indicate that: 1) Reputation variable (X1)
partially has a positive effect on saving decisions at Bank Syariah Indonesia in
Palopo City (Y). 2) The easy wadi'ah product excellence variable (X2) partially
has a positive effect on saving decisions at Bank Syariah Indonesia in Palopo City
(Y). 3) Reputation variables (X1) and the advantages of easy wadi'ah products
(X2) in this study have a simultaneous (joint) effect on saving decisions at Bank
Syariah Indonesia in Palopo City (Y) with an R Square (R2) value of 0.309 which
means that 30.9% of the variation in the dependent variable, namely saving
decisions (Y) can be explained by the independent variable, namely the reputation
variable (X1) and the advantages of easy wadi'ah products (X2) with the
remaining 69.1% explained by other variables not included in this study.
Keywords: Reputation, Easy Wadi'ah Product Advantage, Saving Decision

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 02 May 2024 06:59
Last Modified: 02 May 2024 06:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item