PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI FASE B SD NEGERI 369 TIROMANDA KABUPATEN LUWU

FIRDA, FIRDA (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI FASE B SD NEGERI 369 TIROMANDA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Firda, 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual
Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Di Fase B SD Negeri 369
Tiromanda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo
Dibimbing oleh Andi Riawarda dan Nurul Aswar.
Skripsi ini menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui media
audiovisual pada materi sifat dan perubahan wujud benda pada fase B SD Negeri
369 Tiromanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran
dengan menggunakan media audiovisual dan mengidentifikasi peningkatan hasil
belajar siswa dengan media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini
adalah siswa fase B/4 SD Negeri 369 Tiromanda berjumlah 20 siswa, 12
perempuan dan 8 laki-laki. Proses penelitian ini terdiri dari empat tahap:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran IPA
dilakukan dengan menggunakan media audio visual berupa laptop, speaker dan
LCD. Penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar
berbasis soal. Data hasil observasi tes penilaian diolah dengan menggunakan
analisis deskriptif untuk menggambarkan status setiap siklus dan menggunakan
media audiovisual untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran. Data yang
terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui media audiovisual sebelum
menggunakan media audiovisual, tingkat penyelesaian siswa rata-rata rendah
yaitu 50,7%. Setelah menggunakan media audiovisual pada Siklus I hasil belajar
siswa rata-rata 73%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa
meningkat menjadi 92,3%. Oleh karena itu penggunaan media audiovisual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda di
fase B SD Negeri 369 Tiromanda.
Kata Kunci : audiovisual, hasil belajar, PTK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:28
Last Modified: 18 Nov 2024 02:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item