AMINAH, AMINAH (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
ABSTRAK
Aminah, 2024“Peran Guru PAI Dalam Menangani Pelanggaran Tata
Tertib Peserta Didik Di Sekolah SMP Negeri 8 Palopo.” Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiya dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh: Arifuddin dan Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru PAI Dalam Menangani
Pelanggaran Tata tertib Peserta Didik di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk Mengetahui bagaiman peran guru pendidikan agama Islam
dalam mengatasi pelanggaran tata tertib tata tertib di SMP Negeri 8 Palopo;
Untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib peserta didik di SMP
Negeri 8 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan pada
penelitian ini yaitu, pendekatan paedagogis, pisikologis dan sosiologis.
Penelitian ini berfokus pada peran guru penddikan agama Islam dalam
mengatasi pelanggaran tata tertib peserta didik SMP Negeri 8 Palopo. Data dan
sumber data diperoleh dari data sekunder dan data perimer. Teknik dalam
pengumpulan data menggunakan 3 metode: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah reduksi data, penyajian
data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani pelanggaran tata
tertib di SMP Negeri 8 Palopo, sesuai dengan hasil penelitian, menunjukkan bahwa
guru berfungsi sebagai motivator yang memberikan dorongan dan nasihat kepada
siswa agar tidak melanggar peraturan sekolah. Selain mengajar dan menyampaikan
materi pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam juga berperan sebagai panutan
dan teladan bagi siswa. Guru melakukan pendekatan secara personal dengan
memberikan nasihat, motivasi, maupun sanksi. Selain itu, guru juga mencontohkan
perilaku baik, terutama dalam hal kedisiplinan waktu dan berpakaian rapi. 2)
Bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa di SMP Negeri 8 Palopo,
berdasarkan hasil temuan penelitian, tergolong ringan karena tidak terjadi secara
berulang. Contoh pelanggaran tersebut meliputi malas mengerjakan tugas, datang
terlambat ke sekolah, tidak mengikuti upacara bendera, tidak melengkapi atribut
sekolah, memiliki rambut panjang bagi siswa laki-laki, dan berkelahi antar sesama
teman. Adapun faktor menpengaruhi peserta didik yaitu, faktor dari dalam diri
individu itu sendiri merujuk pada sikap dan kebiasaan tertentu yang dapat
merugikan diri sendiri,faktor keluarga.
Kata kunci: Peran Guru PAI, Tata Tertib Peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:02 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:02 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9560 |
Actions (login required)
View Item |