Number of items: 24.
Thesis
    ABDILLAH, IBNU FARHAN
  
(2024)
KOMPETENSI WALI KELAS DALAM MEWUJUDKAN
PRESTASI BELAJAR DI SMP ISLAM TERPADU (SMPIT)
INSAN MADANI KOTA PALOPO.
    Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Arfah, Muhammad
  
(2024)
PERSEPSI DAN MOTIVASI MASYARAKAT TERHADAP
SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUSSALAM DI KOTA PALOPO.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    Aruman, Iman
  
(2024)
MANAJEMEN PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI SATUAN 
PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN TORAJA UTARA.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    DJADDAR, MARDIAH
  
(2024)
ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM 
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DI 
SMP DATOK SULAIMAN PALOPO BAGIAN PUTRI.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    EHLISA, EHLISA
  
(2024)
EKSISTENSI MANAJEMEN DALAM ORGANISASI
PALANG MERAH REMAJA SEBAGAI WUJUD
PEMBENTUKAN SIKAP HUMANIS SISWA
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Fiqri, Dzul
  
(2024)
STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM
PENGEMBANGAN NILAI RELIGIUSITAS DI MADRASAH
ALIYAH SALUMAKARRA KECAMATAN
BUA PONRANG KABUPATEN LUWU.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    ILYAS, MUKHLIS BIN
  
(2024)
PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DALAM MEMBENTUK 
KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA PADA SISWA  
DI SMP NEGERI 2 KAMANRE.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    IRVAN, IRVAN
  
(2024)
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN
MULTIKULTURAL DI SMK
NEGERI 1 PALOPO.
    Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Karatte, Mohamad Afandi S
  
(2024)
Tesis ini membahas tentang manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik SMAN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manajemen ekstrakurikuler di SMAN 3 Luwu, (2) motivasi prestasi peserta didik SMAN 3 Luwu, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi prestasi Peserta didik SMAN 3 Luwu. 
 Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina, guru, pegawai, peserta didik, dan pelatih. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) manajemen ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Luwu terlaksana dengan adanya (a) perencanaan yang berjalan dengan baik, melaksanakan rapat dalam melakukan perencanaan yang melibatkan seluruh unsur – unsur kegiatan ekstrakurikuler mulai dari kepala sekolah, wakasek, dewan guru, pembina dan peserta didik. Pembuatan program kerja berdasarkan analisis kebutuhan pada setiap unit pelaksana ekstrakurikuler, pemilihan pembina,(b) pengorganisasian memudahkan dalam menentukan tugas  kepala sekolah, pembina, wakil kepala sekolah, dan pelatih, pembagian tugas ini berdasarkan keahlian masing masing – masing, (c) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Luwu berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, terlihat dengan tingkat partisipasi peserta didik, (d) pengawasan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru dan pelatih pada setiap organisasi. Melalui pengawasan ini selanjutnya dilakukan perbaikan pada pelaksanaan kegiataan ekstrakurikuler, (2) motivasi peserta didik sudah semakin membaik, sekolah membangun lingkungan yang mendukung, mengapresiasi keberhasilan, dan mendorong pengembangan minat dan bakat peserta didik sehingga tingkat partisipasi peserta didik sangat baik dilihat dari prestasi yang ditorehkan oleh peserta didik yang sukses meraih berbagai ajang prestasi baik pada tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai pada tingkat nasionall. (3) manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi  berprestasi peserta didik di SMA Negeri 3 Luwu memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan motivasi prestasi siswa. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi peserta didik.    (4) adapun factor pendukung dan factor penghambat kegiatan ekstrakurikuler antara lain : (a) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu penyediaan anggaran, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan orang tua dan sumber daya lain turut memberikan kontribusi dalam mendukung terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler sehingga berjalan dengan baik,(b) adapun faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler yaitu kegiatan full day school yang diterapkan oleh sekolah selain itu beban akademik peserta didik juga menjadi factor penghambat sehingga membuat peserta didik menghabiskan waktu yang banyak disekolah dan beban tugas peserta didik yang mengakibatkan Peserta didik harus membagi focus dan waktu secara proporsional antara kegiatan akademik dan kegiatan ekstrakurikuler.  
 
Kata Kunci : Manajemen Ekstrakurikuler, Motivasi Berprestasi. 
Tesis ini membahas tentang manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik SMAN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manajemen ekstrakurikuler di SMAN 3 Luwu, (2) motivasi prestasi peserta didik SMAN 3 Luwu, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi prestasi Peserta didik SMAN 3 Luwu. 
 Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina, guru, pegawai, peserta didik, dan pelatih. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) manajemen ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Luwu terlaksana dengan adanya (a) perencanaan yang berjalan dengan baik, melaksanakan rapat dalam melakukan perencanaan yang melibatkan seluruh unsur – unsur kegiatan ekstrakurikuler mulai dari kepala sekolah, wakasek, dewan guru, pembina dan peserta didik. Pembuatan program kerja berdasarkan analisis kebutuhan pada setiap unit pelaksana ekstrakurikuler, pemilihan pembina,(b) pengorganisasian memudahkan dalam menentukan tugas  kepala sekolah, pembina, wakil kepala sekolah, dan pelatih, pembagian tugas ini berdasarkan keahlian masing masing – masing, (c) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Luwu berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, terlihat dengan tingkat partisipasi peserta didik, (d) pengawasan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru dan pelatih pada setiap organisasi. Melalui pengawasan ini selanjutnya dilakukan perbaikan pada pelaksanaan kegiataan ekstrakurikuler, (2) motivasi peserta didik sudah semakin membaik, sekolah membangun lingkungan yang mendukung, mengapresiasi keberhasilan, dan mendorong pengembangan minat dan bakat peserta didik sehingga tingkat partisipasi peserta didik sangat baik dilihat dari prestasi yang ditorehkan oleh peserta didik yang sukses meraih berbagai ajang prestasi baik pada tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai pada tingkat nasionall. (3) manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan motivasi  berprestasi peserta didik di SMA Negeri 3 Luwu memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan motivasi prestasi siswa. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi peserta didik.    (4) adapun factor pendukung dan factor penghambat kegiatan ekstrakurikuler antara lain : (a) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu penyediaan anggaran, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan orang tua dan sumber daya lain turut memberikan kontribusi dalam mendukung terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler sehingga berjalan dengan baik,(b) adapun faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler yaitu kegiatan full day school yang diterapkan oleh sekolah selain itu beban akademik peserta didik juga menjadi factor penghambat sehingga membuat peserta didik menghabiskan waktu yang banyak disekolah dan beban tugas peserta didik yang mengakibatkan Peserta didik harus membagi focus dan waktu secara proporsional antara kegiatan akademik dan kegiatan ekstrakurikuler.  
 
Kata Kunci : Manajemen Ekstrakurikuler, Motivasi Berprestasi. 
 
 
 
 
 
 MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM 
MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI  
PESERTA DIDIK DI SEKOLAH  MENENGAH  
ATAS NEGERI 3 LUWU.
    Diploma thesis, IAIN Palopo.
  
    Karatte, Mohamad S
  
(2024)
MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM 
MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI  
PESERTA DIDIK DI SEKOLAH  MENENGAH  
ATAS NEGERI 3 LUWU.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    MUSDALIFA, MUSDALIFA
  
(2024)
PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN 
KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU 
KERJA KONTRAPRODUKTIF DI SMPIT
(INSAN MADANI).
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Masdar, Masdar
  
(2024)
EVALUASI KINERJA PROGRAM ADIWIYATA DI MADRASAH 
TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN LUWU TIMUR.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    NASIR, HUSNI
  
(2024)
PENGELOLAAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
DALAM KURIKULUM MERDEKA MEMBENTUK PROFIL
PELAJAR PANCASILA DI SMKN 2 PALOPO.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Nurhasanah
  
(2024)
EVALUASI KESIAPAN PROGRAM LITERASI DI SEKOLAH DASAR KOTA PALOPO.
    Diploma thesis, IAIN Palopo.
  
    Pakata, Nasriadi
  
(2024)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI
PENGGERAK MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH
DASAR KECAMATAN RANTEPAO KABUPATEN TORAJA
UTARA.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    Putri, Alfiona Sultana
  
(2024)
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA  SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU DI SMPN 2 WASUPONDA.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    SAHRIL, IRWAN
  
(2024)
MODEL PENERAPAN SEKOLAH BERBASIS
KEARIFAN LOKAL NILAI SEKONG SIRENDEN SIPOMANDI
DI UPT SMP NEGERI 1 RONGKONG KABUPATEN
LUWU UTARA.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    SUMANTRI, SUMANTRI
  
(2024)
PENGARUH MOTIFASI KERJA DAN PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVESI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMPN 1 BONE BONE.
    Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
  
    Sudarman, Sudarman
  
(2024)
EVALUASI PROGRAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA 
MADRASAH DI KABUPATEN TORAJA UTARA.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    Syarif, Aswar
  
(2024)
IMPLEMENTASI SISTEM POIN PELANGGARAN DALAM 
PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMAN 7 LUWU TIMUR.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    Wahyuni, Misna
  
(2024)
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN RELEVANSINYA PADA KUALITAS KERJA GURU DI MAN TANA TORAJA.
    Diploma thesis, IAIN Palopo.
  
    Yahya, Nursanti
  
(2024)
PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK) PUSAT KEUNGGULAN
(STUDI KASUS UPT SMK NEGERI 2 PALOPO).
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    Yusuf, Yukram
  
(2024)
STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PADA 
PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BOSSO KECAMATAN 
WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
    ZamZam, ZamZam
  
(2024)
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER 
MELALUI GERAKAN GEMAR MENABUNG DI SDN 268 
TOWUTI LUWU TIMUR.
    Masters thesis, IAIN Palopo.
  
This list was generated on Tue Nov  4 02:01:56 2025 +08.