FITRIA, FITRIA (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK DI MTSN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
FITRIA RUSLAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Fitria Ruslan, 2021. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Budi Pekerti 
Peserta Didik di MTsN Palopo. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam 
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. 
Pembimbing 1 Dr. Nurdin K, M.Pd. Pembimbing 2 Abdul Rahim Karim M. Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Membina Budi Pekerti, Peserta Didik.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru dalam Membina budi Pekerti 
Peserta Didik di MTsN Palopo. Permasalahan pokok penelitian ini adalah 
1.Bagaimana strategi guru dalam bembina budi pekerti peserta didik, 2.Faktor faktor 
yang mendorong dan menghambat guru dalam membina budi pekerti peserta didik di 
MTsN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana strategi guru 
akidah akhlak dalam membina budi pekerti peserta didik; Untuk mengetahui faktor�faktor apa saja yang mendorong dan menghambat guru dalam membina budi pekerti 
peserta didik.
Pada penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. 
Dalam mendapatkan data-data yang akan dibutuhkan peneliti menggunakan teknik 
pengumpulan data melalui: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1. Strategi guru akidah akhlak dalam 
membina budi pekerti peserta didik di MTsN Palopo dilakukan dengan striategi 
seperti: menanamkan nilai-niali agama, melalui pendekatan personal, memberikan 
motivasi, menjadi teladan yang baik, serta dilakukan dengan anjuran yang positif 
melalui pembiasaan. 2. Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat guru dalam 
membina budi pekerti pada peserta didik di MTsN Palopo. Faktor faktor yang 
mendorong dalam membina budi pekerti peserta didik di MTsN Palopo: Sekolah, tata 
tertib yang tegas, adanya dukungan dari para pendidik, adanya dukungan dari 
keluarga, kelengkapan sarana dan prasarana. Adapun faktor yang menghambat dalam 
membina budi pekerti peserta didik seperti: pergaulan , lingkungan yang kurang baik, 
teman sebaya, faktor keluarga yang kurang perhatian terhadap anak, situasi dan 
kondisi yang kurang baik.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 16 Feb 2023 00:28 | 
| Last Modified: | 16 Feb 2023 00:28 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5335 | 
