Dani, Irma (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PENDIDIKAN” (Studi Kasus pada SD Negeri 2 Mala-mala). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of Irmadani.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Irmadani.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Irmadani, 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Administrasi 
Pendidikan (Studi Kasus pada SD Negeri 2 Mala-mala), Skripsi 
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah 
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing, 1) 
Dra.Hj.Hurriyah Said., M.Sos.I. 2) Drs.H.Muh.Arief R., M.Pd.I.. 
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Administrasi Pendidikan 
 Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang kepemimpinan 
kepala sekolah dalam perspektif administrasi pendidikan (Studi Kasus pada SD 
Negeri 2 Mala-mala). Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana 
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Administrasi Pendidikan di SD 
Negeri 2 Mala-mala. 
 Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode 
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi. 
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode 
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan 
anatara keduanya. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan 
kepala sekolah dalam perspektif administrasi pendidikan. 
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala 
Sekolah dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai pimpinan, manajer maupun 
sebagai supervisor, dilakasanakan dengan tetap berpegang teguh pada sumpah 
jabatan dan prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan, yang kemudian berimplikasi 
pada peningkatan motivasi kerja tenaga kependidikan sekolah pada SD Negeri 2 
Mala-mala Kabupaten Kolaka Utara. Kepemimpinan Kepala Sekolah berkorelasi dan 
berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja tenaga kependidikan di SD Negeri 
2 Mala-mala. Walau dalam pelaksanaan tetap menghadapi beberapa kendala, yaitu 
masih belum meratanya tingkat pengetahuan yang dimiliki tenaga kependidikan 
sekolah. Pada bagian akhir sikripsi ini penulis ingin menyumbangkan beberapa buah 
pikiran atau ide kepada pihak-pihak yang paling berkompoten dalam meningkatkan 
motivasi kerja tenaga kependidikan sekolah pada SD Negeri 2 Mala-mala, khususnya 
kepada kepala sekolah sebagai pihak yang paling berkompoten, yakni sebagai 
berikut : Kepala Sekolah kiranya dapat terus memperbaiki dan meningkatkan 
kinerjanya serta meningkatkan kemampuan manajemennya agar guru-guru atau 
tenaga kependidikan dapat memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam melaksanakan 
tugas-tugas rutinnya bagi peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan pada SD 
Negeri 2 Mala-mala.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 16 May 2023 02:01 | 
| Last Modified: | 16 May 2023 02:01 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6090 | 
