SISWAN, MUHAMMAD FADHLURRAHMAN (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
MUHAMMAD FADHLURRAHMAN SISWAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Fadhlurrahman Siwan, 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama 
Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah 
Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo”. Skripsi Program Studi 
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut 
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Hisban 
Thaha M.Ag dan Bapak Muh.Agil Amin S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama IslamDalam 
Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok 
Sulaiman Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi mutu 
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. 2) 
Untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama 
Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap 
Datok Sulaiman Palopo. 3) Untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi dalam 
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok 
Sulaiman Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan fakta di 
lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara 
(Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik) dan 
dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan melalui reduksi data penyajian 
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi mutu pembelajaran di 
Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo sudah dapat dikatakan 
baik dari tahun ke tahun.Hal ini terbukti dari kualitas peserta didik yang dihasilkan, 
dimana peserta didiknya meraih prestasi yang cukup hebat di tingkat madrasah. 
Dari segi kualitas guru pun juga mengalami peningkatan dengan mengikuti 
program Pendidikan Profesi Guru 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam 
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok 
Sulaiman Palopo, diantaranya yaitu: mengembangkan kecerdasan emosional, 
mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran, mendisiplinkan peserta didik 
dengan kasih sayang, membangkitkan minat belajar, mendayagunakan sumber 
belajar, meningkatkan kompetensi, mengikuti perkembangan zaman dan 
mengaplikasikannya, membangun keakraban antara guru dan peserta didik, 
memberikan perhatian khusus kepada mata pelajaran yang akan diajarkan 3)
Kendala dan solusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran, yaitu sarana dan 
prasarana (memaksimal sarana dan prasarana yang ada), minat guru yang kurang 
mengikuti pelatihan (kepala madrasah menekankan pentingnya pelatihan), 
perhatian peserta didik yang kurang (guru harus lebih kreatif), akhlak peserta didik 
yang kurang (menanamkan pengetahuan akhlak, memberikan tauladan yang baik).
Kata kunci: Upaya Guru, Mutu Pembelajaran, Pembelajaran di MTs, Metode 
Pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 16 May 2023 23:59 | 
| Last Modified: | 16 May 2023 23:59 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6101 | 
