Sulaeni, Sulaeni (2011) PERANAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENCAPAIAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Sulaeni.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Sulaeni, 2011. Peranan Perencanaan Pembelajaran dalam Pencapaian Kompetensi 
Siswa pada MTs Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN 
Palopo. Pembimbing I: Dra. St. Marwiyah, M.Ag. Pembimbing II: 
Rahmawati, M.Ag
Kata Kunci : Perencanaan Pembelajaran, Pencapaian Kompetensi 
Skripsi ini membahas Peranan Perencanaan Pembelajaran dalam Pencapaian 
Kompetensi Siswa pada MTs Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten 
Luwu, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kompetensi guru dalam 
perencanaan pembelajaran pada MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon 
Kabupaten Luwu? 2) Apa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi 
guru MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu? 3) Apa 
hambatan guru dalam pencapaian kompetensi siswa pada MTs. As-Salam Salu Induk 
Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu dan Bagaimana Solusinya? Tujuan Penelitian 
yaitu: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran pada 
MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 2) Untuk 
mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs. As�Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 3) Untuk mengetahui faktor 
yang menghambat dalam pencapaian kompetensi siswa pada MTs. As-Salam Salu 
Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 
Untuk memperoleh data di lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan 
metode penelitian yaitu observasi, dengan instrumen wawancara dan angket. Data 
yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif, interpretatif 
maupun korelatif 
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Kompetensi guru pada MTs Assalam Salu 
Induk mencakup dalam empat jenis kompetensi yaitu, kompetensi personal, 
kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial. Upaya-upaya 
yang dilakukan oleh pihak MTs Assalam salu induk dalam hal peningkatan 
kompetensi guru adalah: Pertama, upaya yang dilakukan oleh guru. Kedua, upaya 
yang dilakukan kepala sekolah Ketiga, upaya oleh masyarakat. Keempat, upaya 
peningkatan kompetensi guru dari pemerintah daerah dan pusat. Adapun hambatan�hambatan yang dihadapi dan upaya-upaya mengatasinya oleh pihak sekolah dalam hal 
ini MTs Assalam Salu Induk dalam peningkatan kompetensi siswa antara lain: 1) 
Perbedaan Perseorangan, upaya mengatasinya dengan melakukan pengajaran dengan 
kelompok kecil (Cooperative Learning), tutorial, dan belajar mandiri serta belajar 
individual. 2) Kesiapan untuk belajar yaitu kurang siapnya siswa untuk mengikuti 
pembelajaran. Upaya untuk mengatasinya kurang siapnya siswa belajar pihak sekolah 
dalam hal ini MTs Assalam Salu induk dibawah naungan yayasan pesantren Assalam 
melakukan sistem pemondokan siswa/santri 3) Kurangnya Motivasi, upaya yang 
dilakukan memperlakukan motivasi sebagai suatu konsep yang dihubungkan dengan 
asas-asas untuk menimbulkan terjadinya belajar pada diri siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 25 May 2023 02:27 | 
| Last Modified: | 25 May 2023 02:27 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6278 | 
