Sabari, Syahruddin (2011) PENGARUH INTENSITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU PADA MI DARUL ISTIQAMAH LEPPANGANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Syahruddin Sabari.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Sabari, Syahruddin, 2011. “Pengaruh Intensitas Supervisi Kepala Sekolah 
terhadap Prestasi Kerja Guru pada MI Darul Istiqamah Leppangang 
Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi 
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. H. 
Muhazzab Said, M.Si. dan Pembimbing (II) Fauziah Zainuddin, S.Ag., 
M.Ag. 
Kata Kunci : Intensitas Supervisi Kepala Sekolah, Prestasi Kerja Guru. 
Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas supervisi Kepala Sekolah 
terhadap prestasi kerja guru pada MI Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan 
Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, di mana penelitian ini memadukan berbagai 
macam metode dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif 
deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, 
penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut 
terhadap semua aspek kegiatan dan keadaan di sekolah tersebut. 
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk 
menganalisa data yang ada yakni 1). Riset kepustakaan, yaitu metode yang dilakukan 
dalam rangka menghimpun data tertulis, 2). Riset lapangan, yaitu cara 
mengumpulkan data melalui penelitian di lapangan dengan tehnik (a). Observasi, 
yaitu cara memperoleh data dengan mengadakan pengamatan terhadap objek 
penelitian, (b). Angket, yaitu membuat format pertanyaan yang telah disusun 
sebelumnya kemudian dibagikan kepada murid untuk mengisi jawaban, (c) 
Dokumentasi, yaitu suatu pengumpulan data dengan jalan mencatat secara langsung 
dokumen-dokumen yang terdapat pada lokasi penelitian. Kemudian selanjutnya 
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan 
diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil 
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap 
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran 
mengenai intensitas supervisi kepala sekolah dan hasil analisis berbentuk tabel 
frekuensi dan tabel persentase. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi kerja guru dalam 
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sudah memadai dalam meningkatkan 
prestasi belajar siswa, meskipun masih perlu ditingkatkan lagi, artinya proses 
pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru adalah sebagian besar sudah terlaksana 
dengan baik, kinerja guru yang baik terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung 
jawab yang diembannya, guru-guru juga mampu bekerja sama dengan baik, namun 
masih ada beberapa hal yang masih perlu mendapat perhatian serius dalam rangka 
pencapaian tujuan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:31 | 
| Last Modified: | 12 Jun 2023 07:31 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6580 | 
