Irawan, Irawan (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKAN METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BATUSITANDUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Irawan.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Nama : Irawan 
Nim : 09.16.12.0084 
Judul : Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Sebelum dan 
Sesudah Diterapkan Metode Pembelajaran Holistik pada Siswa 
Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah membandingkan antara hasil 
belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran holistik 
siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk? Adapun sub pokok 
masalahnya yaitu : 1. Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah 
Tsanawiyah Batusitanduk sebelum diterapkan metode pembelajaran Holistik? 2. 
Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah 
Batusitanduk sesudah diterapkan metode pembelajaran Holistik? 3. Bagaimana 
perbandingan hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode 
pembelajaran Holistik pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk? 
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi sekaligus sampel 
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah 
Batusitanduk tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa yang tersebar 2 
(kelas) dimana kelas VIIIa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas 
Kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik 
deskriptif. 
Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh hasil belajar matematika 
peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk sebelum diterapkan 
metode pembelajaran holistik untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 61,25 dan 
kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,9. Keduanya termasuk dalam kategori 
kurang. Sedangkan hasil belajar matematika peserta siswa kelas VIII Madrasah 
Tsanawiyah Batusitanduk setelah diterapkan metode pembelajaran holistik untuk 
kelas kontrol memperoleh rata-rata 65,15 termasuk dalam kategori kurang dan kelas 
eksperimen memperoleh rata-rata 75,3 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan 
hasil tersebut diketahui terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan 
sesudah diterapkan metode pembelajaran holistik. Perbedaan hasil belajar tersebut 
ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil analisis statistika deskriptif pre-test dan 
post-test pada kelas eksperimen
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:28 | 
| Last Modified: | 13 Jun 2023 02:28 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6597 | 
