Muslika, Muslika (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Muslika.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
MUSLIKA,. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming Dalam 
Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. 
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. 
Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A. Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin, 
M.Si. 
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Brainstorming 
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum 
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming dan setelah menggunakan Model 
Pembelajaran Brainstorming siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Untuk 
mendapatkan informasi secara formal dan akurat tentang hasil belajar siswa. 
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen, yang di dalamnya 
diberi perlakuan khusus yaitu pembelajaran dengan menggunakan model 
pembelajaran Brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh 
gambaran tentang hasil belajar matematika Siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. 
Untuk memperoleh gambaran tentang seberapa besar hasil belajar siswa sebelum 
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming. Untuk mengetahui seberapa besar 
hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming. 
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 2 
Sukamaju tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah sebanyak 
165 orang. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dari jumlah 
populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik 
yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan 
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming, (2) statistik inferensial untuk 
menguji nurmalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. 
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar 
matematika siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming berada 
pada kategori baik dengan nilai rata-rata 61,48, median 65, modus 40 dan di dukung 
oleh standar deviasi 14,48 dan hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan 
Model Pembelajaran Brainstorming berada dalam kategori cukup dengan nilai rata�rata 55,37 median 57, modus 40 dan dikukung oleh standar deviasi 13,87. Sedangkan 
hasil statistik inferensial diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa 
terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran matematika siswa sebelum 
Model Pembelajaran Brainstorming dan pembelajaran matematika siswa setelah 
Model Pembelajaran Brainstorming.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2023 03:05 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2023 03:05 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6641 | 
