NURFADILA, NURFADILA (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 3 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
NURFADILA.pdf
Download (6MB)
Abstract
Nurfadila, 2023. “Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada 
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik Kelas 
X Di SMKN 3 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam 
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri 
Palopo. Dibimbing oleh bapak Dr. H. Hasbi., M.Ag. dan bapak 
Makmur., S.Pd.I., M.Pd.I. 
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Pendidikan 
Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik 
Kelas X di SMKN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui 
Gambaran karakter peserta didik kelas X di SMKN 3 Luwu, 2) Implementasi nlai�nilai pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap 
peserta didik kelas X di SMKN 3 Luwu, 3) Mengetahui faktor pendukung dan 
penghambat terhadap implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada 
pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik kelas X di SMKN 3 
Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif 
yang menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan 
fakta-fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu 
merangkum data yang telah didapatkan, menyajikan data, dan membuat 
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran karakter peserta didik 
kelas X di SMKN 3 Luwu sudah cukup baik, meskipun ada beberapa peserta didik 
yang memiliki karakter yang buruk oleh karena itu, masih perlu pengajaran, 
didikan serta pembiasaan. 2) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada 
pembelajaran pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik melalui 
pembelajaran praktek seperti sholat dhuha, sholat dzuhur dan tugas mandri 
maupun kelompok. 3) Faktor pendukung dalam implementasi nilia-nilai 
pendidikan karakter di SMKN 3 Luwu meliputi adanya kegiatan ekstrakurikuler 
Rohis, lingkungan sekolah yang baik, tata tertib, serta sinegritas antar guru dan 
juga komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik Faktor penghambat 
implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMKN 3 Luwu meliputi 
kurangnya jam pelajaran PAI guna memaksimalkan pembelajaran teori dan 
praktek, serta kurangnya pengawasan diluar sekolah yang akan berdampak pada 
kebiasaan peserta didik yang telah di ajarkan di sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Guru Pendidikan Agama Islam.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:16 | 
| Last Modified: | 04 Jul 2023 07:16 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6961 | 
