PARAMITA, PARAMITA (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
skripsi paramita.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Paramita, 2023.“Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan 
Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Kelas VIII SMP 
Negeri 8 Palopo,” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama 
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama 
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Baderiah dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam 
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta didik di Kelas VIII SMP Negeri 
8 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan 
emosional peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo; 2) Untuk mengetahui 
peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik; 3) 
Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional 
peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif fakta lapangan 
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, 
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 
memadatkan data, membuat kesimpulan, menarik dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kecerdasan emosional 
peserta didik di kelas VIII.3 SMP Negeri 8 Palopo dengan hasil yang sangat 
tinggi, dimana peserta didik telah mampu memahami dan mengelola emosi diri, 
mampu memotivasi diri dan dapat mengenali emosi orang lain. 2) Peran guru 
Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta 
didik telah memberikan yang terbaik dalam pengajarannya. Dimana guru berperan 
sebagai motivator dengan menerapkan metode diskusi dan sebagai fasilitator bagi 
peserta didik dalam proses pembelajaran. 3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam 
dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik dengan menjalin 
kerjasama dengan FUAD IAIN Palopo dalam memberikan bimbingan sesuai 
dengan minat peserta didik serta pihak sekolah menyediakan kegiatan 
ekstrakurikuler agar potensi peserta didik dapat tersalurkan.
Kata Kunci: Peran, Guru, Kecerdasan Emosional, Potensi, Peserta Didik.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu  | 
        
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 15 Nov 2023 00:57 | 
| Last Modified: | 15 Nov 2023 00:57 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7893 | 
