Marzuki, Rahmat (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN CANVA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK DI TINGKAT SMP/MTS. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Rahmat Marzuki]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAHMAT(Ujian Munaqasyah).pdf - Published Version
Download (21MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbantuan canva dengan pendekatan kontekstual sebagai media literasi digital peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari produk ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 5 Palopo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi untuk ahli materi dan media, angket praktikalitas untuk pendidik dan peserta didik, serta lembar soal pretest-posttest peserta didik untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan produk dalam proses pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan angket validasi materi diperoleh skor
persentase 79,75% % dengan kategori ِ “valid” Hasil dari ahli media/desain diperoleh skor persentase 84,72% dengan kategori “sangat valid”. ِHasil praktikalitas dari guru diperoleh skor 94,41 dengan kategori “sangat ِ praktis” dan tingkat praktikalitas oleh peserta didik diperoleh skor 93,3% dengan kategori
“sangat ِ praktis”. Berdasarkan hasil analisis pretest-posttest diperoleh bahwa rata-rata perolehan nilai N-gain sebesar 90,36% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran matematika berbantuan canva dengan pendekatan kontekstual sebagai media
literasi digital peserta didik dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan.
Kata Kunci: canva, e-modul pembelajaran matematika, literasi digital, pendekatan
kontekstual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:45 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10099 |