D, Novitasari (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS BUILDING LEARNING POWER (BLP) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NOVITASARI D. (PEND MATEMATIKA).pdf - Published Version
Download (10MB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui 1) Seberapa besar tingkat hasil belajar matematika siswa sebelum penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Building Learning Power (BLP) pada Materi Teorema Pythagoras. 2) Seberapa tingkat hasil belajar matematika siswa setelah penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Building Learning Power (BLP) pada Materi Teorema,dan. 3) adakah
perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis Building Learning Power (BLP) pada Materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 231 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah Kelas VIII2 yang berjumlah 14 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi Aktivitas dan Tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian 1) Hasil belajar siswa sebelum penggunaan LKS Berbasis Building Learning Power belum mencapai ketuntasan. 2) Hasil belajar siswa setelah penggunaan LKS Berbasis Building Learning Power telah mencapai ketuntasan. 3) Berdasarkan hasil uji penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa siswa setelah diajar dengan penggunaan LKS berbasis Building Learning Power pada materi teorema Pythagoras diperoleh hasil belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 8 Palopo mengalami peningkatan hasil belajar dari gagal menjadi baik. Hal ini terlihat dariperbedaan yang ditunjukkan dari hasil analisis statistik pada tahap akhir, yaitu diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan hasil tersebut, maka penggunaan LKS Berbasis Building Learning Power pada materi teorema Pythagoras efektif terhadap hasil
belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 8 Palopo. Kata kunci: Efektivitas, LKS, Building Learning Power, Hasil Belajar, Teorema Pythagoras
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:31 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10102 |