Arif Pebrian, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ELEKTRONIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMA NEGERI 1 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Muhammad Arif Pebrian] Text (Skripsi Muhammad Arif Pebrian)
Skripsi Muhammad Arif Pebrian (Fiks).pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Elektronik (E-LKPD) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palopo dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype akhir E-LKPD, validasi bahan ajar, praktikalitas bahan ajar, serta efektivitas bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development),
implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini
adalah 29 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palopo. Instrumen yang digunakan
berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi bahan ajar (materi
dan media), angket praktikalitas (peserta didik) dan soal tes hasil belajar (pre-test
dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa: (1) prototype akhir
dari bahan ajar ini adalah E-LKPD dengan pokok bahasa sistem persamaan linear
dua variabel kelas X, (2) hasil validasi ahli materi dan media berada pada kategori
sangat valid, (3) hasil uji praktikalitas oleh peserta didik berada pada kategori
praktis, (4) hasil uji efektivitas berada pada kategori cukup efektif digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palopo. Adapun
bahan ajar yang dikembangkan memuat sampul, intro, serta isi (yang terdiri dari,
petunjuk, materi, contoh soal, dan soal evaluasi), dan terdapat penutup (yang terdiri,
referensi bahan ajar dan profil pengembang). Implikasi dari bahan ajar adalah: (1)
melatih peserta didik untuk belajar mandiri, (2) meningkatkan hasil belajar peserta
didik, (3) alternatif bahan ajar guru.
Kata kunci: Bahan Ajar, E-LKPD, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Hasil
Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 19 Jun 2025 00:30
Last Modified: 19 Jun 2025 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item
View Item