Kurniawan, Rahmat (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI MERASIONALKAN AKAR PADA SISWA KELAS IX SMPN 7 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Rahmat Kurniawan] Text (Skripsi Rahmat Kurniawan)
REVISI HASIL WAWAN FIKS 2 (1) (1)(bundel).pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas, Tutor Sebaya, Koneksi Matematis, Merasionalkan akar, Model Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi merasionalkan akar di kelas IX SMPN 7 Palopo. Model tutor sebaya dipilih karena dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih mendalam antar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi-experimental. Adapun subjek dan objek pada penelitian ini, adalah Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis sebelum dan sesudah penerapan model tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, terutama pada materi merasionalkan akar. Penelitian ini menyarankan penggunaan model tutor sebaya
sebagai alternatif dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 19 Jun 2025 00:39
Last Modified: 19 Jun 2025 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item
View Item