Saydina, Zaskia Putri (2024) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL USING YOUTUBE VIDEOS FOR THE SECOND GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Zaskia Putri Saydina]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ZASKIA PUTRI SAYDINA (PBI 20).pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan video YouTube dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan satu kelompok pretest-posttest. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang melibatkan 28 siswa dari kelas VIII 1 sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara, dengan fokus pada empat aspek keterampilan berbicara: kosakata, pelafalan, tata bahasa, dan kelancaran. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor berbicara siswa pada keempat aspek tersebut, di mana rata-rata skor posttest melebihi skor pretest. Hal ini diperkuat dengan nilai p signifikan sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Persepsi siswa menunjukkan bahwa video dari YouTube meningkatkan antusiasme dan keterlibatan mereka terhadap materi. Kombinasi suara dan visual atau animasi dalam video YouTube membantu siswa tetap fokus dan lebih memahami materi yang disajikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video YouTube dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, terutama dalam hal kosakata, pelafalan, tata bahasa, dan kelancaran. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Video YouTube, Pengajaran Berbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 420 Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:32 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10125 |