Fitrasari (2024) ANALISIS STRATEGI TOKO FASHION OFFLINE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS TOKO FASHION DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Fitrasari]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FITRASARI.pdf
Download (4MB)
Abstract
Analisis Strategi Toko Fashion Offline Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Toko Fashion Di kota Palopo”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palopo, pembimbing Arsyad L,S,Si,M.Si.
Semakin berkembangnya zaman pakaian menjadi kebutuhan yang sangat pokok untuk menunjang kepercayaan diri seseorang bukan hanya pakaian produk fashion juga terdiri dari sepatu dan tas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa strategi toko fashion dalam menghadapi persaingan bisnis toko fashion di Kota Palopo. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dipilih untuk mempermudah peneliti mendeskripsikan masalah yang berkaitan dengan tema yang diangkat secara lebih mendalam. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode Observasi, wawancara, dokumentasi dan koesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa posisi toko Islamia Hijab Dan Mw Shop Berada pada kuadran IV memilikii peluang pasar yang besar untuk meminimalkan kendala /kelemahan internal. Strategi atau langkah yang yang harus dilakukan ialah (Opportunities- Weakness) dengan penerapan strategi Trund-Around dengan merancang suatu strategi produksi dan penjualan . Berbeda dengan kedua toko tersebut koveksi indah sport berada pada posisi kuadran I yaitu posisi yang kuat dan berpeluang. Hal ini menunjukkan toko fashion memiliki kekuatan internal yang baik dan berada dalam situasi pasar yang menguntungkan. Untuk memanfaatkan posisi tersebut secara maksimal, strategi yang paling sesuai adalah strategi pertumbuhan yang agresif dengan pendekatan Strengths-Opportunities (SO). Strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan internal toko guna mengeksploitasi peluang pasar yang tersedia. Dengan menerapkan strategi ini, Islamia Hijab dapat mengoptimalkan kapasitas yang ada, meningkatkan daya saing, dan memperluas pangsa pasar.
Kata kunci : Toko fashion offline , Analisis Swot, Strategi persaingan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 00:25 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 00:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10131 |