Sulaeman, Nurpadilah (2024) PENGARUH IKLAN ONLINE DAN TAGLINE “GRATIS ONGKOS KIRIM” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA BELOPA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurpadilah Sulaiman] Text (Skripsi Nurpadilah Sulaiman)
skripsi nurpadila sulaeman.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini membahas tentang pengaruh iklan online dan tagline “gratis ongkos kirim” terhadap keputusan pembelian generas z pada e-commerce shopee di kota belopa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana iklan online dan tagline “gratis ongkos kirim” terhadap keputusan pembelian generas z pada e-commerce shopee di kota belopa.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus lemeshow dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 100 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonearitas dan uji heterokedastisitas, kemudian uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji parsial (uji T), uji simultan (uji F), dan uji determinasi (uji R2).
Dari hasil penelitian ini, variabel Iklan Online (X1) ( thitung 4,018 > ttabel 1,985), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh iklan online (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan, variabel Tagline
“gratis ongkos kirim” (X2) (thitung 2,600 > ttabel 1,985), maka H02 ditolak dan H12 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Tagline “gratis onhkos kirim” (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Fhitung (25,551) > Ftabel (3,939) dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05 maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Iklan Online (X1) dan Tagline “gratis ongkos kirim” (X2) secara simultan pada keputusan pembelian (Y) sehingga H02 ditolak dan H12 diterima. Berdasarkan penelitian ini didapat nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,345. Angka tersebut memperlihatkan dari Iklan Online (X1) dan Tagline “gratis ongkos kirim” (X2) berpengaruh sebesar 34% pada Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan 66% lainnya dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian.
Kata Kunci: Iklan Online, Tagline “gratis ongkos kirim”, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:35
Last Modified: 20 Jun 2025 06:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item
View Item