Nurpaisa, Nurpaisa (2025) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MEMBUAT KESIMPULAN DAN MENCARI IDE POKOK SUATU TEKS ATAU LAPORAN KELAS 3 SDN 21 TADETTE. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurpaisa] Text (Skripsi Nurpaisa)
SKRIPSI NURPAISA (PGMI 19).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi membuat kesimpulan dan mencari ide pokok suatu teks atau laporan di kelas 3 SDN 21 Tadette. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah dan guru Kelas 3 SDN 21 Tadette. Sumber data terdiri
dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut maka kesimpulan penelitian ini yaitu
1). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 21 Tadette yaitu menggunakan strategi ekspositori dan pembelajaran integratif, serta melakukan evaluasi dan latihan pembelajaran untuk mendorong pemikiran kritis siswa.
2). Kendala dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 21 Tadette, terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal, seperti perbedaan tingkat pemahaman dan kesulitan penglihatan siswa.
Kemudian faktor eksternal seperti lingkungan keluarga yang kurang mendukung, serta pengaruh negatif masyarakat dan kurangnya perangkat belajar yang memada.
3). Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 21 Tadette meliputi kerjasama antar guru dan dukungan kepala sekolah. Kerjasama antar guru memainkan peran penting dalam merancang strategi pembelajaran yang merangsang pemikiran kritis siswa, memungkinkan mereka
untuk berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik dalam mengajar. Dukungan kepala sekolah, dalam bentuk pelatihan, bimbingan, dan saran kepada guru. Kata kunci: Berpikir Kritis, Strategi Guru, Kemampuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:54
Last Modified: 20 Jun 2025 06:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item
View Item