Kholisa, Kholisa (2024) KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV UPT SD NEGERI 170 PUTEMATA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Kholisa]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KHOLISA (PGMI 18).pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan guru yang kurang kreatif. Sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan metode yang kreatif melalui model pembelajaran Talking Stick sehingga pembelajaran menjadi variatif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dan faktor
penghambat dalam penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru kelas IV dan peserta didik di kelas tersebut diSDN
170 Putemata. Hasil penelitian menyoroti bahwa kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran Talking Stick melibatkan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap persiapan, guru menyusun RPP yang terkait dengan model
pembelajaran Talking Stick dan menyiapkan media yang sesuai. Pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan, sementara pada tahap evaluasi, guru memberikan pertanyaan umpan balik kepada peserta didik untuk mengukur pemahaman mereka. Namun,
penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti konsentrasi peserta didik yang terpecah karena rasa gugup atau takut untuk menjawab pertanyaan, ketidaksiapan peserta didik dalam merespon pertanyaan, dan ketegangan yag dirasakan oleh peserta didik saat menjawab pertanyaan. Hasil penelitian ini memberikan konstribusi penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif. Kata kunci: Kreativitas Guru, Model Talking Stick
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:09 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10144 |