Mardiah PENGARUH MODAL USAHA, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM FASHION DI KABUPATEN KOLAKA UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mardiah] Text (Skripsi Mardiah)
skripsi_MARDIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Modal Usaha, Financial Knowledge, Dan Media Sosial Terhadap Perkembangan Umkm Fashion Di Kabupaten Kolaka Utara. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Modal Usaha, Financial Knowledge, Dan Media Sosial Terhadap Perkembangan Umkm Fashion Di Kabupaten Kolaka Utara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data yang menggunakan angket atau kuesioner. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Teknik Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresi Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa, variabel Modal Usaha memiliki pengaruh signifikan terhadap Perkembangan UMKM, itulah mengapa modal usaha sangat penting untuk perkembangan umkm karena dapat membantu pengusaha memenuhi kebutuhan bisnis dan bersaing di pasar yang kompetitif. 2) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa, variabel Financial Knowledge juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Perkembangan UMKM,karena dengan adanya pengetahuan keuangan yang baik dapat membantu umkm dalam memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, mendapatkan akses pembiayaan, menjaga keamanan keuangan, serta mengolah dan memanfaatkan asset secara efektif. 3) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa, variabel Media Sosial juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Perkembangan UMKM,karena media sosial telah mengubah cara UMKM berinteraksi dengan pelanggan, memasarkan produk atau layanan, dan membangun merek mereka,media sosial juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan vasibilitas dan jangkauan bisnis UMKM .4) Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa, variabel Modal Usaha, Finanacial Knowledge, dan Media Sosial secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM, Secara bersama-sama, ketersediaan modal usaha yang memadai, pengetahuan financial knowledge yang baik, serta penggunaan media sosial untuk promosi atau komunikasi bisnis mampu mendorong pertumbuhan UMKM.

Kata kunci: Financial Knowledge, Modal Usaha, Media Sosial, Usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:40
Last Modified: 20 Jun 2025 07:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item
View Item