Darmawan, Taufiq (2024) SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN KINERJA GURU di MTs DARUL KHAERIYAH TAWONDU KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Taufiq Darmawan] Text (Skripsi Taufiq Darmawan)
Skripsi Taufiq...pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Supervisi Akademik Dalam Pengembangan Kinerja Guru di Mts Darul Khaeriyah Tawondu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Supervisi Akademik Dalam Pengembangan Kinerja Guru di Mts Darul Khaeiyah Tawondu, Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam
Pengambangan Kinerja Guru di Mts Darul Khaeriyah Tawondu dan Tindak Lanjut Dari Supervisi Dalam Pengembangan Kinerja Guru di MTs Darul Khaeriyah Tawondu. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data meliputi uji kredibilitas, uji tranferability dan kebergantungan. Teknik analisis data menggunakan tiga tekhnik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Tiga hal. Pertama, Mts Darul khaeriyah Tawondu Melakukan perencanaan supervisi dan mempersiapkan tujuan supervisi, menentukan teknik yang akan digunakan saat supervisi, memuat jadwal supervisi dan mengidentifikasi materi pelajaran untuk mestikan kegiatan supervisi berjalan dengan baik. Kedua Mts Darul Khaeriyah Tawondu melakukan pelaksanaan supervisi para supervisor mengunjungi kelas sesuai jadwal yang sudah disepakati dan melakukan observasi dengan membawa administrasi guru, instrumen telaah RPP, Instrumen pengamatan pembelajaran dan format obersevasi penilain hasil belajar. Ketiga menindak lanjuti hasil kegiata supervisi, setiap guru yang sudah di
supervisi mendapatkan semua instrumen maupun format pengamatan penilaian yang sudah dilakukan. Penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang sudah memenuhi standar dan guru yang belum memenuhi standar di anjurkan untuk mengikuti kegiatan pengambangan diri, selain itu guru juga dapat berdiskusi dengan guru yang mengampuh mata pelajaran yang sama. Dengan diadakannya supervisi, guru mendapatkan pembinaan dan pelatihan sehingga mendapatkan pengetahuan baru yang berguna untuk meningkatkan kinerja dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sehingga prestasi peserta didik pun meningkat. Karena pada dasarnya supervisi akademik ini dilakukan dalam rangka mengembangkan komptensi guru sehingga dapat melaksanakan tugas pokoknya
secara profesional. Kata Kunci : Supervisi akademik, Pengembangan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:18
Last Modified: 23 Jun 2025 07:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item
View Item