Ahmadi, Suraidah (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN PESAN BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Suraidah Ahmadi]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_SURAIDAH AHMADI_ASLI (SISA CETAK).pdf - Published Version
Download (6MB)
Abstract
Kata Kunci : Permainan Pesan Berantai, Hasil Belajar Matematika
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Palopo yang tidak diterapkan permainan pesan berantai dalam pembelajaran matematika; (2) hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Palopo yang diterapkan permainan pesan berantai dalam pembelajaran matematika; dan (3) apakah permainan pesan berantai dalam pembelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Palopo.Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Palopo. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa. Pengambilan sampel yakni dengan cara cluster random sampling. Sehingga sampel yang
digunakan yakni kelas IX A sebagai kelas control dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas siswa ( lembar obsevasi) dan instrument tes berupa pre-test dan post tes. Selanjutnya, data
penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriftif dan statistic inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Palopo yang tidak diterapkan permainan pesan berantai dalam pembelajaran matematika diperoleh rata-rata sebesar 67,5667 termasuk dalam kategori kurang. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP
Negeri 7 Palopo yang diterapkan permainan pesan berantai dalam pembelajaran matematika diperoleh rata-rata sebesar 72,9 termasuk dalam kategori cukup. (3) Berdasarkan hasil analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan pesan berantai efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan guru kelas IX SMP Negeri 7 Palopo dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan permainan pesan berantai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10182 |