Putri, Aisyah (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 5 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Aisyah Putri]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Aisyah Putri.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kategorisasi tinggi, sedang, dan rendah materi teorema phytagoras kelas VIII di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo yang berjumlah 22 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh bahwa siswa kategori tinggi telah optimal pada tiap
indikator. Siswa kategori sedang belum optimal pada indikator 3,
mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah, terdapat pada skor 1,67 dengan kategori sedang karena siswa kurang teliti pada saat mengerjakan soal,bingung dalam pengerjaannya karena jawaban terlalu panjang dan keliru pada saat perhitungannya. Selanjutnya pada indikator 3, yaitu mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah, terdapat pada skor 0,67 dengan kategori rendah karena siswa belum mampu menjabarkan soal dengan tepat berdasarkan konsep teorema phytagoras. Siswa dengan kategori rendah kurang optimal pada semua indikator, yaitu 1) Mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan syarat dipenuhinya konsep tersebut, terdapat pada skor 1,14 dengan kategori rendah karena siswa belum mampu mendefinisikan dan menafsirkan berdasarkan konsep teorema phytagoras, 2) Mengaitkan berbagai konsep matematika, terdapat pada skor 1,27 dengan kategori rendah karena siswa kurang teliti pada saat mengerjakan soal, bingung dalam pengerjaannya karena jawaban terlalu panjang dan keliru pada saat perhitungannya, 3) Mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah, terdapat pada skor 0,24 dengan kategori rendah karena siswa belum bisa menjabarkan dan menafsirkan soal dengan tepat. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep matematika dan kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi teorema phytagoras dan kurang teliti dalam pengerjaan soal secara keseluruhan. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep Matematika, Teorema Phytagoras
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:26 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:26 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10183 |