Risdayanti, Risdayanti (2024) UPAYA BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN POLA PIKIR ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK NURUL HIKMAH. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Risdayanti] Text (Skripsi Risdayanti)
SKRIPSI RISDAYANTI. Bimbingan Konseling Islam.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Bimbingan Kelompok Dalam Pengembangan Pola Pikir Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Nurul Hikmah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dalam pengembangan pola pikir anak usia Dini melalui metode bercerita
di TK Nurul Hikmah dan untuk mendeskripsikan perkembangan pola pikir anak usia Dini setelah melakukan bimbingan kelompok melalui metode bercerita di TK Nurul Hikmah. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan fenomologi dengan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data
yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita di TK Nurul Hikmah, yang untuk mengembangkan pola pikir dengan memecahkan masalah, langkah-langkah sebagai berikut guru melakukan perencanaan
pembelajaran dengan memilih cerita yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan memanfaatkan kegiatan bercerita dalam kelompok untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan kognitif dan emosional anak-anak. Pemilihan cerita
yang relevan dengan masalah-masalah yang biasanya dihadapi oleh peserta didik juga diperhatikan secara cermat, dilanjutkan dengan memberikan pengantar tentang cerita, membacakan cerita dengan ekspresi yang menarik, melakukan sesi diskusi untuk memastikan pemahaman anak-anak, merancang kegiatan pendukung, dan melakukan evaluasi pembelajaran untuk menilai pencapaian anak-anak terhadap tujuan pembelajaran. 2. Perkembangan pola pikir anak setelah melaksanakan
pembelajaran dengan metode bercerita di TK Nurul Hikmah dengan dengan langkah konkret seperti penggunaan pertanyaan dan interaksi langsung dengan gambar, guru di TK Nurul Hikmah merasa hasil dari kegiatan tersebut kurang maksimal dalam mengembangkan pola pikir kritis bagi peserta didik di TK Nurul
Hikmah. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Pengembangan, Pola Pikir, Metode Bercerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:35
Last Modified: 24 Jun 2025 03:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item
View Item