Hilma, Hilma (2025) ENDORSEMENT SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (ANALISIS KONTEN IKLAN DALAM AKUN INSTAGRAM DENNY SUMARGO). Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Hilma]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HILMA (KPI 20).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas endorsement sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran (Analisis Konten Iklan dalam Akun Instagram Denny Sumargo) fokus pada iklan Cleo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana endorsement Cleo
yang dilakukan Denny Sumargo di akun Instagramnya dan untuk menganalisis endorsement Cleo melalui akun Instagram Denny Sumargo sebagai strategi komunikasi pemasaran menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten, serta data primer berupa foto, video iklan Cleo yang diunggah di akun Instagram dan data sekunder diambil dari artikel, jurnal, serta sumber internet lain yang relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa endorsement Cleo Denny Sumargo
menampilkan aktivitas kesehariannya yang relevan dengan gaya hidup sehat, sehingga membangun citra positif Cleo sebagai produk yang mendukung hidrasi tubuh dalam rutinitas sehari-hari. Bentuk endorsement Denny Sumargo menggunakan caption, foto, dan video yang menunjjukan keunggulan produk
serta menantang pengikutnya untuk membuktikan manfaat dan kualitas produk tersebut secara langsung. Berdasarkan pandangan semiotika Peirce, iklan ini merepresentasikan tanda berupa iklan dari Denny Sumargo, objeknya adalah produk Cleo sebagai simbol gaya hidup sehat, dan interpretannya adalah
pemahaman khalayak tentang nilai-nilai yang melekat pada Denny Sumargo, seperti sosok atlet profesional, aktor terkenal, serta kepercayaan diri, dan semangat. Nilai-nilai ini digunakan sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk memperkuat daya tarik produk di mata khalayak.
Kata Kunci: Endorsement, Denny Sumargo, Semiotika Peirce
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 23:55 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 23:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10225 |