Patmala, Patmala (2024) PEMAHAMAN NILAI AGAMA MELALUI METODE BERCERITA DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SDN 2 BATU PUTIH KABUPATEN KOLAKA UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Patmala]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PATMALA-3 (2) (1).pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemahaman nilai agama melalui metode bercerita dalam menanamkan akhlak pada peserta didik di SDN 2 Batuputih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui metode
bercerita dalam menanamkan akhlak peserta didik di SDN 2 Batuputih dan untuk mengetahui peran pemahaman nilai agama melalui metode bercerita dalam menanamkan akhlak pada peserta didik di SDN 2 Batuputih. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data terdiri dari data primer dan
data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada pendekatan Miles dan Huberman yang mencakup data reduksi, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran melalui metode bercerita dalam menanamkan akhlak pada peserta didik di SDN 2 Batuputih, melibatkan beberapa
tahapan. Tahapan tersebut mencakup penetapan tujuan dan tema cerita, pemilihan cerita yang sesuai dengan kondisi emosi siswa, pemilihan bentuk cerita yang tepat, persiapan materi dan alat bantu, perancangan langkah-langkah kegiatan bercerita, komunikasi tema cerita dengan jelas, dan penutupan cerita dengan pertanyaan reflektif tentang nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Melalui proses ini, peserta didik di SDN 2 Batuputih lebih mudah dalam menanamkan nilai akhlak. Penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran PAI berperan penting dalam menanamkan akhlak pada peserta didik di SDN 2
Batuputih. Guru PAI mampu menarik perhatian siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan efektif menyampaikan pesan moral serta nilainilai agama. Melalui cerita, siswa dapat memahami nilai-nilai seperti kejujuran dan kesopanan, serta memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Menerapkan metode ini penting untuk membentuk karakter anak peserta didik agar bertanggung jawab.
Kata Kunci: Akhlak, Metode Bercerita, Pemahaman Nilai Agama, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:40 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10238 |