Yahya, Nursanti (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PUSAT KEUNGGULAN (STUDI KASUS UPT SMK NEGERI 2 PALOPO). Masters thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Thesis Nursanti Yahya] Text (Thesis Nursanti Yahya)
Full - Tesis - Nursanti Yahya - PPs MPI 2024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka di beberapa sekolah termasuk di UPT SMK Negeri 2 Palopo menemukan berbagai persoalan sehingga membutuhkan kajian yang mendalam agar dapat terimplemtasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan karakteristik Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai Pusat Keunggulan. 2) Untuk menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo pada penerapan kompetensi di dunia industri. 3) Untuk mengetahui penerapan manajemen Kurikulum Merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan kurikulum merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo telah dilakukan kegiatan bertema keberkerjaan berupa kegiatan pengenalan peserta didik dengan dunia kerja di industri, kegiatan penyelarasan kompetensi Industri dengan Kurikulum sekolah berupa Mou, praktek kerja lapang, guru tamu, magang guru dan siswa, penerimaan alumni, sertifikasi dari industri serta teaching factory. Tahapan penerapan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo dimulai dari kegiatan rancangan kalender pendidikan, rancangan alokasi waktu efektif persemester, pembuatan rencana pembelajaran, pembuatan modul ajar dan asesmen. Kemudian kepala sekolah melakukan pengontrolan dan penilaian dan selanjutnya Kepala sekolah juga dinilai oleh pengawas bina. Secara umum dapat dikatakan bahwa penerapan kurikulum merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo sebagai Sekolah Menengah Kejuruan pusat keunggulan telah berjalan dengan sangat baik dan terstruktur.
Secara umum, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka di UPT SMK Negeri 2 Palopo sebagai pusat unggulan SMK sudah efektif dan terstruktur.
Kata kunci: Penerapan Kurikulum Merdeka, SMK Pusat Keunggulan, UPT SMK Negeri 2 Palopo

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:13
Last Modified: 25 Jun 2025 07:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item
View Item