Indrawati, Marwa (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 3 LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Masters thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Thesis Marwa Indrawati]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MARWA INDRAWATI 1905020029.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang berkontribusi terhadap pengembangan kompetensi profesional guru pada SMP Negeri 3 Larompong Kabupaten Luwu; Untuk mengetahui strategi alternatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan kompetensi profesional guru; Untuk mengetahui strategi prioritas yang dapat diterapkan dalam pengembangan kompetensi profesional guru.
Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Informan penelitian terdiri atas: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum dan Guru yang ditentukan menggunakan teknik purposive. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitafif melalui tiga tahapan analisis yaitu tahap masukan atau input (Matriks IFE dan EFE), tahap pencocokan (Matriks IE dan Matriks SWOT) dan tahap keputusan (Matriks QSPM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan faktor internal SMP Negeri 3 Larompong Kabupaten Luwu sangat kuat dan sebenarnya mampu mengatasi kelemahannya dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Selain itu, SMP Negeri 3 Larompong memiliki peluang yang cukup tinggi untuk mengatasi tantangan dan sangat resposif dalam mengatasi tantangan dalam pengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan; 2) Strategi alternatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan kompetensi profesional guru pada SMP Negeri 3 Larompong Kabupaten Luwu adalah strategi menjaga dan mempertahankan (hold and maintain) sehingga dapat dikelola dengan strategi penetrasi dan pengembangan; 3) dan analisa QSPM menunjukkan bahwa strategi prioritas utama yang dapat diterapkan dalam pengembangan kompetensi profesional guru pada SMP Negeri 3 Larompong Kabupaten Luwu adalah mengadakan program kompetensi guru untuk meningkatkan semangat guru dalam mengajar agar dapat termotivasi mempelajari berbagai literatur disiplin ilmu. Artinya, strategi ini merupakan prioritas utama yang menjadi muara strategi lainnya, yaitu: (1) Meningkatkan inovasi dan kemampuan guru dalam mengajar melalui program Diklat; (2) Membangun hubungan yang harmonis dengan kepala sekolah untuk menekan biaya pendidikan yang tinggi agar terbangun lingkungan belajar efektif; (3) Meningkatkan komitmen pemerintah terhadap mutu pendidikan agar guru memiliki dedikasi tinggi pada pendidikan; (4) Mendayagunakan peraturan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan guru.
Kata Kunci: Strategi, Kompetensi Profesional, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10256 |