Nila Sari (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR CELEBES ISLAMIC SCHOOL BELOPA KABUPATEN LUWU. Masters thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nila Sari] Text (Skripsi Nila Sari)
NILA SARI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menganalisis persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru; 2). Mengidentifikasi pemenuhan sarana dan prasarana; 3). Menganalisis implementasi kurikulum; 4). Mengevaluasi proses belajar mengajar; di SD Celebes Islamic School Belopa Kabupaten Luwu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif, melibatkan sampel sebanyak 37 responden yang merupakan guru di SD Celebes Islamic School Belopa Kabupaten Luwu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah menciptakan persepsi berbeda terkait pengembangan mutu pendidikan di SD Celebes Islamic School Belopa, Kabupaten Luwu: 1). Gaya kepemimpinan otoriter memberikan kontribusi terbesar dalam pengembangan kinerja guru (37,5%) dengan meningkatkan kepatuhan melalui pengawasan ketat; 2). Dalam pemenuhan sarana prasarana, gaya kepemimpinan otoriter juga dominan (41,3%), memastikan ketersediaan fasilitas melalui pengawasan ketat, sementara gaya demokratis (41,2%) meningkatkan partisipasi dan transparansi, serta gaya laissezfaire (17,5%) memberi kebebasan tetapi berdampak negatif pada pemeliharaan; 3). Pada implementasi kurikulum, gaya kepemimpinan demokratis paling berpengaruh (43,9%), mendorong partisipasi dan kepuasan, sedangkan gaya otoriter (28,1%) mendukung keseragaman tetapi membatasi inovasi, dan gaya laissez-faire (28,0%) meningkatkan kebebasan metode pengajaran; 4). Dalam proses belajar mengajar, gaya kepemimpinan demokratis juga terbukti paling efektif (38,3%), meningkatkan inovasi dan partisipasi guru, sementara gaya otoriter (34,5%) memperkuat standar namun membatasi kreativitas, serta gaya laissez-faire (27,2%) mendukung kreativitas tetapi menyebabkan inkonsistensi dalam penerapan standar.
Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran penting dalam pengembangan mutu pendidikan di SD Celebes Islamic School Belopa Kabupaten Luwu. Kombinasi gaya kepemimpinan otoriter, demokratis, dan laissez-faire yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap aspek pendidikan meliputi kinerja guru, pemenuhan sarana, implementasi kurikulum, dan proses belajar mengajar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Pendekatan ini menegaskan pentingnya keterampilan kepemimpinan yang fleksibel berdasarkan persepsi guru untuk menghadapi tuntutan pendidikan yang dinamis dan mencapai kualitas yang berkelanjutan.

Kata Kunci: Persepsi Guru, Gaya Kepemimpinan, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 26 Jun 2025 00:17
Last Modified: 26 Jun 2025 00:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item
View Item