Yusuf, Yukram (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BOSSO KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Masters thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Thesis Yukram Yusuf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS YUKRAM YUSUF.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tesis ini memfokuskan pada masalah yaitu, 1) Bagaimana strategi pengembangan Pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. 2) langkah-langkah strategi pengembangan lembaga pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. 3) tantangan strategi pengembangan lembaga pendidikan pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu.
Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif Deskriptif yang merupakan suatu pencermatan terhadap Strategi Pengembangangan Lembaga Pendidikan Pada Pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan Pondok
Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu ialah mengembangkan Kualitas Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Pendidik, pemanfaatan teknologi, pelaksanaan supervisi yang berkesinambungan, dan membangun kerja sama yang baik dengan masyarakat. Hal tersebut tercermin dari upaya pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu dalam menyiapkan pengembangan lembaga Pendidikan melalui kerjasama dengan guru, para tenaga pendidik serta masyarakat setempat. 2) langkah-langkah strategi pengembangan Lembaga pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu ialah melakukan analisis secara menyeluruh terhadap kebutuhan pendidikan yang ada di lingkungan pondok pesantren, melakukan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan pesantren dan lingkungan sekitar, melakukan pelatihan terhadap guru dalam meningkatkan kompetensi, serta melakukan evaluasi. 3) tantangan pengembangan lembaga pendidikan pondok Pesantren Hidayatullah Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu ialah: dibagi menjadi dua yaitu tantangan internal yang meliputi kurangnya jumlah guru serta sarana dan prasarana. kedua adalah tantangan eksternal yang meliputi perubahan kebijakan Pendidikan dalam hal ini kurikulum nasional, dinamika sosial dan kebudayaan kondisi ekonomi/keuangan, serta persaingan dengan lembaga pendidikan lainnya
Kata Kunci: Strategi Pengembangangan, Lembaga Pendidikan, Pesantren Hidayatullah Bosso
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 00:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 00:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10265 |