Syarif, Aswar (2024) IMPLEMENTASI SISTEM POIN PELANGGARAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMAN 7 LUWU TIMUR. Masters thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Thesis Aswar Syarif]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ASWAR SYARIF 2024 Revisi.4.pdf
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai implementasi sistem poin pelanngaran dalam Pembinaan Akhlak siswa di SMAN 7 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui bagaimana gambaran dari penerapan sistem poin pelanggaran dalam pembinaan akhlak siswa; Untuk mengetahui bagaimana dampak dari pelaksanaan penerapan sistem poin pelanggaran dalam pembinaan akhlak siswa; Untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi penerapan sistem poin pelanggaran dalam pelaksanaan Pembinaan Akhlak siswa di SMAN 7 Luwu Timur.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Luwu Timur. Dalam penelitian ini terlebih dahulu peneliti melakukan pengamatan untuk mengidentifikasi informasi yang akan diperoleh. Peneliti kemudian melakukan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru dan siswa SMAN 7 Luwu Timur. Setelah data diperoleh peneliti melakukan pengelolaan data dengan terlebih dahulu menyajikan data, mereduksi data, melakukan editing dan data di deskripsikan. Terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem poin pelanggaran yang diterapkan di SMAN 7 Luwu Timur bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan akhlak siswa. Berdasarkan pengamatan dan wawancara, ditemukan bahwa sistem ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pengendalian perilaku, tetapi juga sebagai sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang positif. Implementasi sistem ini melibatkan beberapa langkah penting, seperti pelatihan intensif bagi guru, komunikasi terbuka antara pihak sekolah dan siswa, serta integrasi kegiatan ekstrakurikuler yang relevan. Dampak dari implementasi ini terlihat dalam peningkatan disiplin dan tanggung jawab siswa, meskipun beberapa aspek, seperti variasi penghargaan, masih memerlukan perhatian lebih lanjut. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah, guru, dan siswa terus memperkuat penghargaan, mengikuti pelatihan berkelanjutan, serta saling mendukung untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan sistem ini dalam membentuk akhlak siswa di masa depan.
Kata Kunci: Sistem Poin Pelanggaran, Implementasi, Pembinaan Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 01:06 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 01:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10267 |