Arfah, Muhammad (2024) PERSEPSI DAN MOTIVASI MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUSSALAM DI KOTA PALOPO. Masters thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Thesis Muh.arafah] Text (Thesis Muh.arafah)
tesis arfah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah pokok penelitian tesis ini adalah Bagaimana Persepsi dan Motivasi masyarakat terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam di Kota Palopo. Tesis ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalaman di Kota Palopo; 2) Untuk mengetahui faktor yang memotivasi Masyarakat terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalaman di Kota Palopo; 3) Dan Untuk mengetahui Mutu Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalaman di Kota Palopo. Penelitian Kualitatif ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan format deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Sekolah
Dasar Darussalam Di Kota Palopo. Data diperoleh dari Orang tua dan Guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, penarikan dan pengajuan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas, perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan secara berkelanjutan, dan triangulasi.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa, Persepsi masyarakat terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam di Kota Palopo sangat positif, Masyarakat juga menganggap jika sekolah dasar islam terpadu Darussalam kota palopo bermutu karena beberapa alasan seperti; Sekolah Islam terpadu mampu mendidik anak menjadi anak yang berakhlak dan berbudipekerti yang baik sesuai dengan syariat dan tutunan islam, mengajarjan anak membaca, menulis dan menghapal al Qur’an, selain itu sekolah islam terpadu juga memiliki fasilitass yang lengkap dan memadai sehingga mampu menunjang proses pembelajaran. Hal lain yang mempengaruhi pandangan (persepsi) orang tua (masyarakat) adalah tingkat pendidikan, kondisi ekonomi, serta letak geografis sekolah. Kurikulum yang digunakan di sekolah dasar islam terpadu Darussalam di Kota Palopo adalah kurikulum Merdeka dan kurikulum unggulan jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) yang dalam pengaplikasinya dilakukan secara padu, serta mengacu pada Depdiknas yang mengajarkan pelajaran umum dan pembelajan islam secara berimbang.
Kata Kunci; Persepsi, Masyarakat/Orang Tua, Manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu, Palopo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:00
Last Modified: 26 Jun 2025 02:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item
View Item