Ulul Azmi, Niesya (2024) THE IMPLEMENTATION OF HIGHER ORDER THINKING SKILLS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING: THE CASE OF ISLAMIC HIGH SCHOOL EFL TEACHER. Masters thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Niesya Ulul Azmi] Text (Skripsi Niesya Ulul Azmi)
Niesya ulul azmi_Thesis_2205040010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang implementasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah, khususnya di MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi HOTS dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis HOTS. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, dan data diperoleh melalui lembar observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen berupa modul pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi HOTS dalam pembelajaran bahasa Inggris di MAN Palopo belum sepenuhnya optimal. Modul pembelajaran, terutama dalam perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, belum sepenuhnya mengintegrasikan HOTS, dengan beberapa tujuan yang masih termasuk dalam kategori keterampilan berpikir tingkat rendah. Kegiatan pembelajaran yang mendukung HOTS antara lain tugas proyek, pembuatan narasi dialog, presentasi video, evaluasi argumen, dan analisis karakter dalam cerita pendek. Bagian penilaian melibatkan berbagai keterampilan bahasa Inggris, namun tidak semua soal dirancang berdasarkan HOTS. Kendala utama dalam penerapan HOTS antara lain penguasaan tata bahasa siswa yang masih terbatas, waktu belajar yang terbatas, motivasi yang rendah, dan terbatasnya bahan ajar yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam materi pembelajaran menjadi tantangan tersendiri, dan kurangnya pelatihan guru juga menjadi salah satu faktor penghambat implementasi HOTS.
Kata Kunci: Implementasi HOTS, Pengajaran Bahasa Inggris, Islamic High School

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:13
Last Modified: 30 Jun 2025 06:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item
View Item