Misra, - (2024) EVALUASI KINERJA GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR. Masters thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Tesis Misra]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MISRA FOR JILID.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah secara teoritis dari hasil pembahasan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi ilmiah bagi pengembangan keilmuan, memberikan masukan kepada sekolah tersebut dan sekolah lain dalam hal kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, bahan evaluasi bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri Towuti Kabupaten Luwu Timur untuk memberikan pelayanan mutu pendidikan yang lebih baik. Bagi peneliti diharapkan menjadi sumbangsih dan menambah pustaka bagi kajian pendidikan selanjutnya.
Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model Descrepancy menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan study dokumen yang difocuskan pada Evaluasi Kinerja Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Towuti. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh : Pertama, kinerja guru bahasa arab dalam persiapan pembelajaran berkinerja sangat baik hal ini terbukti dengan adanya administrasi pembelajaran yang disiapkan oleh guru-guru bahasa arab diawal tahun pelajaran. Kedua, kinerja guru bahasa arab dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan kinerja baik Namun, terdapat beberapa kendala yang perlu diperhatikan, seperti kurangnya pengelolaan kelas yang efektif, metode pembelajaran yang cenderung monoton, dan kurangnya dorongan kepada siswa untuk berpikir kreatif. Ketiga, kinerja guru bahasa arab dalam mengevaluasi pembelajaran menunjukkan kinreja yang sangat baik dalam merancang alat penilaian, menggunakan berbagai strategi dan metode untuk memantau kemajuan belajar siswa, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. Penilaian hasil belajar dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran dan standar yang ditetapkan oleh sekolah dan nasional.
Kesimpulan dari hasil evaluasi kinerja guru secara terkait tiga aspek utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menunjukkan hasil kinerja yang baik, hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Towuti masih sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh karena itu diharapkan agar tatap mempertahankan atau lebih meningkatkan lagi kinerja yang ada.
Implikasi dari penelitian ini secara teoritis menjadi bahan perhatian dan evaluasi bagi pemangku kepentingan khususnya dalam bidang pendidikan, terkait kualifikasi akademik guru sehingga kegiatan pelatihan guru atau sertifikasi guru bisa lebih ditingkatkan jumlanya. Secara praktis penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru bahasa arab untuk lebih meningkatkan kinerja mereka
Kata Kunci: Evaluasi kinerja, Guru Bahasa Arab, Discrepany Evaluation Model,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:38 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10323 |