Amelia, Nely (2025) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS XI DI SMAN 4 PALOPO. Diploma thesis, UNSPECIFIED.
![[thumbnail of Skripsi Nely Amalia]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NELY AMELIA (BKI 21).pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMAN 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMAN 4 Palopo dan bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa serta apa saja upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data secara langsung dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang di gunakan adalah teori behavioristik. Hasil dari penelitian ini adalah peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMAN 4 Palopo. Adapun bentuk-bentuk kenakalan yang ada di SMAN 4 Palopo adalah merokok, membolos, panjat pagar dan terlambat datang ke sekolah. Guru bimbingan konseling berperan dalam membantu siswa untuk menyelesaikan masalah serta memberikan nasehat agar siswa tersebut menjadi lebih baik. Adapun upaya dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAN 4 Palopo dengan cara memberikan bimbingan personal, dan memberikan teguran atau hukuman yang bersifat mendidik serta mencari solusi atas masalah yang dihadapi siswa tersebut.
Kata Kunci: Guru Bimbingan Konseling, Siswa, Kenakalan Remaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 00:16 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 00:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10373 |