Isdar, Nurul Ismi Rahmatullah (2025) KONSTRUKSI HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM MULTI LEVEL MARKETING PADA PT. RAYYAN MENARA TRAVEL. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi NURUL ISMI RAHMATULLAH ISDAR]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL ISMI RAHMATULLAH ISDAR(HES 18).pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui sistem Multi Level Marketing pada PT. Rayyan Menara Travel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan pendekatan normatif dan sosiologis. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana peneliti memperoleh atau mendapatkan data primer dengan melakukan wawancara bersama pengurus PT. Rayyan Menara Travel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi guna menyusun penyajian data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti Setelah memperoleh data lapangan peneliti juga menganalisis data dengan sumber data yang lain seperti buku, jurnal dan undang-undang yang berkaitan. Setelah semua data terkumpul selanjutnya peneliti menyusun data yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab permasalahan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem Multi Level Marketing pada PT. Rayyan Menara Travel adalah menerapkan prinsip ta’awun (tolong menolong) menjadi calon jamaah umrah dengan membayar uang muka atau setoran awal pembelian paket haji atau umrah. Setelah sah menjadi anggota, maka anggota tersebut mempromosikan paket haji atau umrah untuk mendapatkan komisi dan apabila ada yang mendaftar menjadi calon jamaah haji atau umrah. 2) Pandangan hukum ekonomi syariah tentang sistem Multi Level Marketing pada PT. Rayyan
Menara Travel telah memenuhi ketentutuan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 83/DSNMUI/VI/2012 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Dalam hal ini fasilitas dan layanan jasa
travel haji dan umrah di PT. Rayyan Menara Travel mulai dari harga paket, fasilitas hotel dan transportasi yang sudah terjamin, sehingga sesuai dengan akad ijarah. Juga dalam hal akad jualah sudah mengacu pada prinsip keadilan dan menghindari unsur eksploitasi sesuai dengan prestasi masing-masing para anggota.
Kata Kunci: Konstrusi Hukum Ekonomi Syariah, Multi Level Marketing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 343.07 Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri |
Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10397 |