Ganda, Ahwan (2025) PEMENUHAN HAK KONSUMEN DISABILITAS PADA LAYANAN PERBANKAN (STUDI KASUS PADA BRI UNIT LAMASI). Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi AHWAN GANDA]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AHWAN GANDA 2103030005.pdf - Published Version
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini membahas faktor-faktor penghambat pemenuhan hak konsumen Disabilitas di BRI Unit Lamasi, upaya pemenuhan hak tersebut dalam pelayanan perbankan, serta tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pemenuhan hak konsumen Disabilitas pada layanan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor penghambat pemenuhan hak konsumen Disabilitas di BRI Unit Lamasi, mengevaluasi pelaksanaan pemenuhan hak konsumen Disabilitas dalam pelayanan perbankan, serta mengkaji pemenuhan hak tersebut berdasarkan
perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan pendekatan sosio-legal untuk menganalisis fenomena hukum di BRI Unit Lamasi, khususnya terkait layanan bagi Penyandang Disabilitas. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian diolah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang realitas layanan perbankan bagi konsumen Disabilitas setelah semua data
terkumpul selanjutnya peneliti menyusun data yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk memberikan pemahaman komprehensif dan detail megenai implementasi pelayanan publik dalam konteks hukum dan sosial di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, Pemenuhan hak konsumen
Disabilitas di BRI Unit Lamasi belum maksimal, meskipun beberapa fasilitas seperti ramp, kursi roda, layanan prioritas, dan kunjungan rumah telah disediakan. Hambatan utama meliputi keterbatasan fasilitas, kurangnya pemahaman nasabah
lain terkait hak disabilitas, serta faktor keluarga Penyandang Disabilitas. Dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah, pemenuhan hak konsumen disabilitas harus didasarkan pada prinsip keadilan, inklusivitas, dan perlindungan hak, di mana
semua manusia memiliki kedudukan yang sama dan berhak atas perlakuan yang adil.
Kata Kunci: Hak Konsumen Disabilitas, Layanan Perbankan, BRI Unit Lamasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi |
Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:10 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10401 |