Sande, Nurul Hikmah and Tenrijaya PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK BIBLIOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP PGRI ULUWAY KECAMATAN MENGKENDEK KABUPATEN TANA TORAJA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI NURUL HIKMAH SANDE(BKI 19).pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Bibliotherapy Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas IX di SMP PGRY Uluway. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas IX di SMP PGRY Uluway. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode preeksperimen design tipe one group pretest-posttest design. Populasi adalah siswa kelas IX di SMP PGRY Uluway. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive random sampling, sampel yang digunakan berjumlah jumlah 25 siswa yang masuk dalam kriteria siswa dengan konsep diri rendah. Data diperoleh melalui observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan IMB SPSS for Windows Versi 20. Hasil dari pre-test yang telah diberikan kepada 25 responden diketahui bahwa terdapat 18 siswa yang memiliki kategori konsep diri rendah dan 7 siswa yang memiliki kategori sedan. Hasil posttest setelah dilakukan perlakuan/treatment diperoleh terdapat 12 siswa yang memiliki kategori tinggi, dan 13 siswa memiliki kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji t data pre-test dan post-test. Berdasarkan tabel output paired samples test, nilai 20,921> 2,063, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, berdasarkan tabel output hasil uji t diperoleh nilai sig = 0,000, yang berarti lebih kecil dari nilai 0,05, jika dilihat dari nilai proses perhitungan dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan konseling kelompok melalui teknik bibliotherapy berpengaruh dalam meningkatkan konsep diri siswa di SMP PGRI Uluway. Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan persentase tingkat konsep diri siswa, dapat diketahui bahwa terdapat perubahan setelah pemberian treatment dengan menggunakan teknik bibliotherapy sebesar 60%.



Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Bibliotherapy, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 04 Jul 2025 01:53
Last Modified: 04 Jul 2025 01:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item
View Item