Hasanuddin, Hasanuddin (2025) PENGARUH REPUTASI, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN WEB QUALITY TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN SHOPEE DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skirpsi Hasanuddin]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi HASANUDDIN.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Reputasi, e-WOM dan web quality di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh reputasi terhadap kepercayaan pelanggan secara parsial, untuk mengetahui pengaruh e WOM terhadap kepercayaan pelanggan secara parsial, untuk mengetahui
pengaruh web quality terhadap kepercayaan pelanggan secara parsial, dan untuk mengetahui pengaruh reputasi, e-WOM dan web quality terhadap kepercayaan pelanggan secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh reputasi, e-WOM dan web quality terhadap kepercayaan pelanggan pengguna Shopee di Kota Palopo. Populasi dalam penelitian ini tidak di ketahui, namun dalam hal ini populasi masyarakat yang ada di kota Palopo yang berjumlah kurang lebih
184.681 jiwa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive dan penentuan jumlah sampel dengan rumus lameshow. Sampel yang digunakan sebanyak 384 orang. Data diperoleh melalui observasi dan kuesioner. Selanjutnya,
data penelitian ini diolah dengan analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Reputasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercyaan Pelanggan (Y) Pelanggan Shopee di kota Palopo, variabel e-WOM (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan pelanggan (Y) Shopee di kota Palopo, variabel Web Quality (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Pelanggan (Y) Shopee di kota Palopo, dan Reputasi (X1), e-WOM (X2), dan Web Quality (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kepercayaan Pelanggan (Y) Shopee di kota Palopo. Adapun Reputasi (X1), e-WOM (X2), dan Web Quality (X3) dalam menjelaskan perubahan pada Kepercayaan Pelanggan (Y) Shopee di kota Palopo yaitu sebesar 39,8%, sementara 60,2% dijelakan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Reputasi, e-WOM, Web Quality, dan Kepercayaan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:23 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10444 |