Elan, Elan (2025) PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI LAPANGAN BATUSITANDUK. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Elan]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELAN (MBS 20).pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan pokok permasalahan yang berkenaan dengan peningkatan penjualan UMKM. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap peningkatan penjualan UMKM di Lapangan Batusitanduk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pengusaha UMKM di Lapangan Batusitanduk sebanyak 45 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu pengusaha UMKM di Lapangan Batusitanduk sebanyak 45 orang. Cara memilih sampel yaitu menggunakan total sampling, artinya jumlah sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan software statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sosial media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di Lapangan Batusitanduk dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sosial media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di Lapangan Batusitanduk dengan nilai koefisien determinasi sebesar 70,1% yang mengindikasikan kategori pengaruh cukup tinggi/kuat.
Kata Kunci: Sosial Media Marketing, penjualan UMKM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:07 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10455 |