Sartika, Sartika (2024) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TELLERRS SEBAGAIIUPAYA PENINGKATAN KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH LUWU (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH LUWU). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Sartika] Text (Skripsi Sartika)
SKRIPSI SARTIKA (PBS 17).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Sistem Antrian Pelayanan Teller SebagaiiUpaya Peningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah Luwu (Studi Kasus Pegadaian Syariah Luwu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Berapa sistem antrian pelayanan teller dalam peningkatan kepuasan nasabah di Pegadaian Syariah Luwu dan bagaimana persepsi nasabah mengenai kepuasan nasabah pada sistem antrian di Pegadaian Syariah Luwu.Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus mengambil lokasi di Pegadaian
Syariah Luwu Kota Palopo. Dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa Rata-rata jumlah nasabah yang berada dalam sistem (L) yaitu 2,23 orang per jam, rata-rata jumlah nasabah yang berada dalam antrian (Lq) 1,54 orang per jam, rata-rata waktu nasabah berada dalam sistem (W) 0,30 menit. Rata-rata waktu nasabah berada dalam antrian (Wq) 0,21 menit dan tingkat kegunaan system (P) 0,69 atau 69% berarti watu nasabah untuk mendapatkan pelayanan di Pegadaian Syariah Luwu sudah berjalan dengan baik. Yang paling sesuai dengan model antrian di Pegadaian Syariah cabang Luwu adalah model single channel, single phase dengan ciri-ciriya adalah terdapat satu jalur antrian untuk memasuki system pelayanan yang di laksanakan secara berurutan (dalam phase-phase). Dapat disimpulkan bahwa standar kepuasan nasabah terukur dari kemudahan nasabah dalam bertransaksi pada Pegadaian
Syariah. Nasabah pada Pegadaian Syariah secara garis besar merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan dengan alasan bahwa karyawan pegadaian syariah ramah, sopan santun, dan baik terhadap nasabah
Kata Kunci : Sistem Antrian, Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:34
Last Modified: 08 Jul 2025 07:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item
View Item