Miftahuzzuhda, - (2025) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN SALAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) INSAN MADANI DAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (MTS DDI) PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Tesis Miftahuzzuhda]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MIFTAHUZZUHDA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, (1) Bagaimana strategi guru dalam pembinaan salat berjemaah yang diterapkan di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan salat berjemaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo? (3) Bagaiaman optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo?. Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui strategi pembinaan salat berjemaah yang diterapkan di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan salat berjemaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo (3) Untuk mengetahui optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu dengan cara pembimbingan dan pembinaan, keteladanan dan pendekatan secara emosional. Sedangkan strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu dengan cara guru pada awalnya membiasakan kepada peserta didik untuk selalu melaksanakan salat lima waktu. (2) Faktor pendukung dalam pebinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu tersedianya tempat wudhu, serta sekolah menyediakan perlengkapan salat seperti mukena, sarung, dan peci. Adapun faktor penghambat dalam pebinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu terkendala air dan kesadaran dari sebagian peserta didik itu sendiri. Sedangkan Faktor pendukung dalam pembinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu peserta didik itu sendiri. Adapun faktor penghambat dalam pebinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu perilaku peserta didik itu sendiri. (3) Optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah peserta didik di SMPIT Insan Madani yaitu dengan menjadi contoh teladan bagi peserta didik. Sedangkan optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah peserta didik di MTS DDI Palopo yaitu dengan pemberian nasihat.
Kata Kunci: Strategi, Salat Berjamaah, Guru Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:02 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10495 |