WADI, HAMZAN (2025) SISTEM ANTRIAN OFFLINE DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA LOKET PELAYANAN PT. POS INDONESIA (Persero) CABANG PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi HAMZAN WADI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HAMZAN WADI (MBS 18).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang sistem Antrian yang dilakukan secara offline dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada loket pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh kantor pos sudah berjalan dengan efektif dan
efisien ataukah belum. Terdapat 5 indikator dari Efektivitas pelayanan, yaitu pencapaian tujuan, kualitas kerja, kualitas kerja, kuantitas kerja, tepat waktu, dan kepuasan kerja. Adapun indikator efisiensi juga terdiri dari 5 indikator yaitu latar
belakang atau tujuan pekerjaan, perencanaan, pemanfaatan sumber daya, kemampuan, dan semangat kerja. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun narasumber yang telah dipilih berdasarkan kriteria narasumber berjumlah 4 orang, diantaranya nasabah jasa paket surat,
nasabah jasa keuangan, nasabah jasa paket dan paket surat, serta nasabah jasa keuangan dan paket. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan 3 tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui jika nasabah dari kantor pos cabang Palopo telah mendapatkan pelayanan yang baik dan merasa nyaman dan terlayani. Hal itu dapat dilihat dari indikator efektivitas dan indikator efisien. Indikator efektivitas meliputi
Tercapainya tujuan, dapat dilihat dari para jawaban narasumber yang cukup puas dengan pelayanan dari kantor pos cabang Palopo; Kualitas kerja, dilihat dari pelayanan para karyawan kantor pos yang sudah cukup baik dalam melayani, ramah
dan sopan, juga serius dalam bekerja; Kuantitas kerja, efektif karena para narasumber setuju jika pelayanan kantor pos tetap berjalan dengan baik dan tidak terburu-buru walaupun sedang padat antrian; Tepat waktu, di lihat berdasarkan hasil survei yang di jalankan peneliti selama beberapa waktu; dan Kepuasan kerja, dapat dilihat dari jawaban penilaian yang diberikan para narasumber, yakni sudah cukup puas dengan layanan yang diberikan kantor pos. sedangkan Indikator Efisiensi meliputi Tujuan Pekerjaan, telah dijalankan berdasarkan ketetapan yang diatur oleh perusahaan; perencanaan, ditandai dengan Responsibility dari nasabah yang cukup puas dengan pelayanan dari kantor pos; Pemanfaatan Sumber Daya, telah di laksanakan dengan cukup baik ditandai dengan memberikan fasilitas yang cukup baik untuk karyawan dan nasabah seperti tunjangan gaji, kipas angin ,kursi tunggu, serta pelayanan yang diberikan oleh para karyawan kantor pos; Kemampuan, dilihat dari kepuasan Nasabah atas tangible, realibility,responsiveness, dan empaty; dan
Semangat kerja dari perusahaan pada karyawannya dalam bentuk briefing, atau peningkatan gaji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10499 |