Pertiwi, Ade Hikmah (2025) PENGARUH PERSEPSI DAN KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi ADE HIKMA PERTIWI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ADE HIKMA PERTIWI (PBS 20).pdf - Published Version
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh persepsi dan kualitas pelayanan mahasiswa terhadap minat menggunakan layanan Bank syarian Indonesia di kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan persepsi dan kualitas pelayanan mahasiswa mempengaruhi minat menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia di kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan dan menggunakan kuesioner. Untuk mengkaji pengaruh persepsi dan kualitas pelayanan mahasiswa mempengaruhi minat menggunakan layanan bank Syariah
Indonesia di kota Palopo. Populasinya adalah mahasiswa kota Palopo yang minat menggunakan layanan bank Syariah Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling dengan teknik simple random sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin. Berdasarkan rumus tersebut, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat menggunakan layanan bank Syariah Indonesia (Y) dikota Palopo,
variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan sinifikan terhadap minat menggunakan layanan bank Syariah indonesia (Y) di kota Palopo , Perepsi (X1) 0,410, kualitas pelayanan (X2) 0,463, kemudian dalam uji t hasilnya sebesar 0,00 < 0,05 artinya signifikan Persepsi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh
signifikan secara simultan terhadap minat menggunakan layana bank Syariah Indonesia (Y) di kota Palopo. Adapun persepsi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) dalam menjelaskan pengaruh pada minat menggunakan layanan bank Syariah Indonesia (Y) mahasiswa yaitu sebesar 82,5% dan sisanya sebesar 17,5%.
Dijelaskan oleh variabel lain dan yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Pelayanan, Minat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:41 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10525 |