Indriani, Nur Sela (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS UMKM KULINER KOTA PALOPO (STUDI KASUS WARUNG AYAM GEPREK BU’DIAH). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
skripsi_NUR SELA INDRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada warung makan Ayam Geprek Bu‟Diah dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh warung makan ayam geprek Bu‟Diah dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah pemilik, karyawan dan pelanggan Warung Makan Ayam Geprek Bu‟Diah. Data dianalisis dengan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran Warung Makan Ayam Geprek Bu‟Diah berhasil menyelaraskan produk, harga, lokasi, dan promosi untuk menghadapi persaingan di pasar makanan cepat saji. Keunggulan mereka dalam menyajikan porsi besar dengan harga bersaing, serta layanan ramah, memperkuat posisi mereka. Namun, tantangan utama adalah keterbatasan pasokan bahan baku ayam. Dengan strategi targeting yang inklusif, mereka menyediakan variasi rasa untuk semua kalangan, menjaga posisi sebagai penyedia makanan sederhana, lezat, dan terjangkau. Melalui promosi online, mereka menyesuaikan diri dengan perilaku konsumen yang semakin digital, menunjukkan komitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan menjaga relevansi di pasar yang dinamis. (2) Warung Ayam Geprek Bu'Diah menghadapi sejumlah tantangan yang kompleks dalam menghadapi persaingan yang sengit di pasar makanan cepat saji yaitu persaingan yang semakin ketat dengan bisnis sejenis, mendorong perlunya terus menerapkan inovasi untuk menarik minat pelanggan. Terbatasnya sumber daya, khususnya modal dan tenaga kerja, juga menjadi kendala yang membatasi kemampuan bisnis untuk berkembang lebih lanjut. Tidak hanya itu, masalah terkait stok bahan baku, khususnya ayam potong, juga menjadi perhatian penting untuk menjaga kualitas dan konsistensi produk.

Kata Kunci: Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 11 Jul 2025 00:55
Last Modified: 11 Jul 2025 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item
View Item